Foto: UT Berau saat melaksanakan orientasi bagi 280 mahasiswa di Gedung Widargo, Polres Berau

TANJUNG REDEB,- Dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini, menjadi jembatan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk masuk universitas terbuka (UT). Dengan semakin eksisnya UT, Sabtu hingga minggu  (3-4/9/22) dilaksanakan  kegiatan orientasi mahasiswa baru wilayah Kabupaten Berau,bertempat di Gedung Serbaguna R.E Widargo Polres Berau, Tanjung Redeb. 

Selain petinggi UT, turut hadir Wakil ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah, yang juga merupakan alumni UT. 

Perwakilan Direktur UPBJJ UT Samarinda wilayah Berau, Agus Prasetyo mengatakan, orientasi ini merupakan proses pengenalan mahasiswa baru terhadap UT, khususnya di Kaltim. 

Dalam kegiatan itu, juga ada pelatihan PKBJJ atau keterampilan belajar jarak jauh yang akan dilaksanakan hari Minggu (4/9/2022) ini sebanyak 3 kelas. 

“Dalam PKBJJ sendiri, terdiri dari beberapa hal seperti, orientasi, keterampilan belajar jarak jauh, asesmen box tugas, dan ada juga exmination klinik ujian,” ujarnya. 

Orientasi ini diikuti 280 mahasiswa. Kegiatan OSMB dan PKBJJ ini dilakukan serentak di beberapa kabupaten kota di Kaltim. Sejauh ini, antusiasme masyarakat Berau, begitu tinggi dalam mengikuti kuliah di UT.  Dan itu dibuktikan lebih dari 280 mahasiswa baru yang bergabung di UT. 

“Dan hingga saat ini, kami sudah meluluskan dari pasca sarjana lebih dari 50 selain mahasiswa S1 dan D3,” katanya. 

Sementara itu, Ketua Pokjar Insan Cerdas Batiwakkal, Listia Fitriyani berharap, dengan kegiatan OSMB dan PKBJJ, mahasiswa bisa mengenal UT secara universal. Pihaknya juga menjelaskan, kegiatan itu akan berlanjut dengan workshop tugas dan klinik ujian. Agar  mahasiswa mendapatkan nilai yang bagus, dan bisa lulus tepat waktu. 

Kegiatan OSMB dan PKBJJ tersebut kata dia, difasilitasi oleh UT untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa. Sistem belajar jarak jauh yang ada di UT dapat meningkatkan daya jangkau dan memberikan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi seluruh masyarakat.

“UT ini bisa menjadi solusi terbaik bagi mereka yang memiliki keinginan untuk belajar, namun tidak didukung oleh jarak, kesibukan dan rumah tangga,” jelasnya. 

Sementara itu, alumni UT yang juga wakil Ketua I DPRD Berau, Sarifatul Syadiah mengatakan, kedatangannya bertujuan untuk memotivasi mahasiswanya baru UT, untuk tidak berkecil hati dan rendah diri. Karena didirikannya UT oleh pemerintah, bertujuan mengatasi masalah tanpa masalah. 

UT kata dia, sangat direkomendasikan ketika seseorang memiliki keterbatasan, waktu, jarak, dan pekerjaan yang memiliki semangat untuk belajar. 

“Jadi tidak bisa meninggalkan Berau, ataupun yang berkeluarga, dan memiliki pekerjaan padat, UT bisa me jadi solusi yang tepat untuk menimba ilmu. Karena saya juga begitu, tidak memiliki banyak waktu, jadi masuk UT. Alhamdulillah lulus dan bisa sampai sekarang ini,” terangnya. 

Menurutnya, menempuh pendidikan di UT legalitasnya setara dengan universitas atau perguruan tinggi lain. 

UT kata dia, merupakan kuliah jarak jauh. Dan siapapun, yang memiliki kemauan bisa mengikuti kuliah, terutama yang menganggap pendidikan itu sangat penting. 

“Jadi jangan tinggalkan fase saat kita kuliah, meskipun kita sudah punya anak. Ketika ada kemauan pasti ada jalan,” tuturnya. 

Tidak lupa, dirinya juga mengucapkan ulang tahun ke-38 untuk UT yang jatuh pada 4 September. Semoga kata dia, UT lebih eksis, semakin berkembang, dan semakin banyak mahasiswanya. 

“Kiprahnya yang sudah berjalan 38 tahun ini semakin banyak melahirkan sarjana-sarjana berkualitas. Dan tentu saja semakin eksis,” pungkasnya. (*)