Reporter : Redaksi
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Talisayan kini memiliki dokter spesialis penyakit dalam setelah penantian yang cukup lama. Kepala Dinas Kesehatan Berau, Lamlay Sarie, mengumumkan bahwa dokter tersebut, dr. Nunik Fatmawati, mulai bertugas sejak awal Oktober 2024.

Lamlay menyatakan, kehadiran dr. Nunik diharapkan dapat membuka peluang bagi dokter spesialis lainnya untuk bergabung dan mengabdi di RSUD Talisayan.

“Kami berharap ini menjadi langkah awal untuk melengkapi kebutuhan spesialis lainnya di rumah sakit,” ujarnya saat berbincang dengan Tribunkaltim.co pada Kamis (3/10/2024).

Menurutnya, RSUD Talisayan setidaknya membutuhkan empat dokter spesialis, termasuk spesialis obstetri dan ginekologi, spesialis anak, spesialis penyakit dalam, dan spesialis bedah.

“Saat ini, kami masih mencari dokter spesialis anak. Namun, kami optimis dapat memenuhi kebutuhan tersebut secara bertahap,” imbuhnya.

Lamlay menjelaskan bahwa pemenuhan dokter spesialis di Talisayan tidak terlalu sulit, dan jika kebutuhan di sana terpenuhi, diharapkan pemenuhan dokter di kota tidak akan menemui kendala.

“Kami juga sedang mempersiapkan sumber daya manusia. Beberapa dokter umum saat ini tengah menempuh pendidikan untuk mendapatkan gelar spesialis,” jelasnya.

Sambil menunggu para dokter tersebut menyelesaikan pendidikan mereka, pihaknya tetap melakukan perekrutan untuk dokter spesialis yang dianggap masih kurang, mengingat kebutuhan masyarakat yang mendesak.

“Masyarakat tidak bisa menunggu,” tegasnya.

Meski doker spesialis dalam belum sepenuhya terpenuhi, namun saat ini, keberadaan dokter umum di RSUD Talisayan sudah terpenuhi.

“Alhamdulillah, kami masih dapat memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi penambahan tetap akan dilakukan seiring berjalannya waktu,” tutup Lamlay.(adv)