Reporter : Sulaiman
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB,– Pembangunan infrastruktur jembatan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau diharapkan dapat meningkatkan roda ekonomi daerah, khususnya di kawasan perkampungan.

Salah satu jembatan yang baru diresmikan adalah Jembatan Kelay VII di Kampung Inaran, Sambaliung.

Pada 22 Agustus 2024, Pemkab Berau meresmikan Jembatan Kelay VII yang telah lama dinantikan oleh masyarakat Inaran selama 12 tahun. Dalam peresmian tersebut, Bupati didampingi oleh pejabat teknis dari Dinas PUPR Berau.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan DPUPR Berau, Benny Sepriady Panjaitan, menjelaskan bahwa pembangunan jembatan tersebut dimulai pada 2023 dan selesai dalam waktu lebih dari satu tahun, dengan anggaran APBD Berau sebesar Rp 45,6 miliar.

“Jembatan ini dibangun di atas Sungai Kelay, menghubungkan Inaran ke Kampung Pegat Bukur, Sambaliung,” ujarnya kepada Berauterkini.co.id pada Senin (14/10/2024).

IMG 20240717 WA0126

Jembatan Kelay VII memiliki bentang sepanjang 105 meter dan lebar efektif 6 meter. Struktur jembatan menggunakan rangka baja sepanjang 60 meter dan balok girder sepanjang 20 dan 25 meter.

Dengan spesifikasi tersebut, jembatan ini termasuk dalam Kelas Jembatan Type B dan mampu dilalui kendaraan dengan berat maksimal 8 ton.

Benny juga menambahkan bahwa jembatan ini dirancang untuk menghindari dampak banjir tahunan.

Selain Jembatan Kelay VII, DPUPR Berau juga telah menyelesaikan pembangunan Jembatan Sei Sata, yang menghubungkan Kampung Samburakat dan Kampung Sembakungan, serta menuju destinasi wisata Pulau Derawan.

Jembatan Sei Sata termasuk dalam Kelas A dengan bentang 30 meter dan lebar efektif 7 meter, dibangun dengan anggaran total Rp 24,4 miliar dari APBD Berau dan tambahan dari Bankeu Pemprov Kaltim.

Jembatan ini juga dilengkapi dengan ornamen kearifan lokal untuk mempercantik tampilan.

“Type jembatan kelas A menggunakan rangka balok girder dengan ornamen yang menambah estetika jembatan,” tutup Benny.

Kepala Kampung Inaran, Amirullah, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Berau atas pembangunan Jembatan Kelay VII. Ia menyatakan adanya jembatan tersebut, perekonomian di Inaran kedepan diharapkan akan terus meningkat.

“ Ini menunjukkan ada harapan masyarakat akan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik,”pungkasnya. (*)