Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB – Dinas Pangan Berau akan menggelar Festival Kuliner Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman atau biasa disebut Festival kuliner B2SA untuk memeriahkan gerakan makan sayur dan buah. Festival ini akan berlangsung di Lapangan Batiwakkal pada 14 hingga 18 Oktober 2024.

Kepala Dinas Pangan, Rakhmadi Pasarakan, menjelaskan bahwa festival ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pola makan sehat seimbang.

Festival ini akan menyajikan berbagai rangkaian kegiatan, termasuk bazar kuliner dan UMKM, senam bersama, talkshow B2SA, serta sosialisasi keamanan pangan dan B2SA.

Rakhmadi juga menyebutkan adanya gerakan pangan murah, gerakan makan telur dan minum susu, gerakan makan buah dan sayur, serta demo olahan pangan lokal dan berbagai lomba menarik lainnya.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini kami ingin memudahkan masyarakat dengan mengelompokkan tenda berdasarkan jenis makanan yang dijual. Misalnya, olahan jagung dalam satu tenda, jajanan tradisional di tenda lainnya,” jelasnya kepada Berauterkini.co.id pada Rabu (9/10/2024).

Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam festival kuliner ini dapat mendaftar melalui nomor handphone yang tertera di poster atau melalui media sosial Dinas Pangan Berau.

“Hingga kini, sudah banyak yang mendaftar. Kami berencana membuat satu tenda untuk beberapa UMKM, dan banyak yang mendaftar dari kelurahan,” terangnya.

Rakhmadi berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengonsumsi pangan B2SA, sehingga tercipta pangan seimbang dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Untuk meningkatkan konsumsi pangan lokal B2SA, kita perlu mengubah pola pikir. Penting untuk memprioritaskan nilai gizi dari berbagai jenis makanan, seperti singkong, jagung, ubi jalar, yang semuanya dapat diperoleh di sekitar kita,” tandasnya.(*)