Reporter : Hendra Irawan
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB,– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau,mulai membersihkan sejumlah titik drainase dari sampah dan sedimen yang mengendap.

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA), DPUPR Berau, Hendra Pranata mengatakan, pembersihan drainase tersebut dilakukan guna memperlancar aliran kesaluran pembuangan.

Sehingga ketika hujan turun, airnya dapat langsung mengalir ke saluran pembuangan yakni Sungai Segah.

“Kita membersihkan drainase supaya alirannya lancar. Terutama yang banyak pendangkalan akbat lumpur dan sampah yang cukup banyak agar tidak mengalami banjir ketika hujan tiba,” katanya.

Pembersihan itu dilakukan di berbagai titik di Tanjung Redeb dan Teluk Bayur. Terutama drainase di sekitar titik jalan yang kerap mengalami banjir.

Hendra juga menyampaikan, untuk membersihkan drainase dari sedimen dan sampah, pihaknya menurunkan alat berat untuk memudahkan pekerjaan.

“Alat berat ini untuk efisiensi pekerjaan. Karena terjadi drainasenya juga mengalami pendangkalan dan memang harus kita keruk. Dan ini, akan kita lakukan secara berkala,” ujarnya.

Selain upaya pembersihan dalam rangka mengurangi potensi banjir ketika hujan turun, pihaknya juga melakukan pembenahan jaringan drainase dalam kota.

Dia berharap, upaya yang dilakukan tersebut dapat memberikan hasil maksimal dalam mengatasi potensi banjir di Tanjung Redeb.

“Harapan kami seperti itu. Kami dari PUPR akan terus berupaya mencegah dan mengatasi potensi banjir dengan memaksimalkan pembenahan jaringan drainase dalam kota,” pungkasnya. (*)