Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB – Setelah sukses dengan Berau Terkini Academy Batch l pada 2023 lalu. Berauterkini dibawah naungan PT Media Utama Berau kembali melaksanakan Berau Terkini Academy Batch II pada Sabtu (28/9/24) di aula SMA Negeri 1 Tanjung Redeb.

Kegiatan ini wujud komitmen Berau Terkini dalam meningkatkan literasi dan minat pelajar dalam dunia karya tulis.

Berau Terkini Academy Batch II sendiri, diikuti 40 peserta didik dari 11 sekolah SMA dan SMK se Kabupaten Berau.

Mereka yang mengikuti kegiatan ini adalah pelajar terpilih yang disaring melalui pendaftaran secara daring dengan melampirkan karya tulis.

Program ini terlaksana berkat kolaborasi antara Berau Terkini dengan PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) dan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Indonesia (ATPUSI) Berau.

30E ACADEMY 2
SEMANGAT : Tampak puluhan peserta Berau Terkini Academy semangat saat mengikuti Pelatihan Dasar Jurnalistik. (foto: diva)

Pelatihan Dasar Jurnalistik kali ini mengusung tema “Suara Muda Membangun Karya”. Dengan mengundang narasumber yang berkompeten di bidang jurnalistik.

Dikatakan direktur utama Berauterkini, Renguh Enggalingtyaz, terlaksananya kegiatan ini bentuk keseriusan perusahaan dalam memberikan ruang seluas-luasnya bagi semua pihak termasuk pelajar dalam dunia karya tulis.

Disisi lain, harapan besar yang ingin diraih ialah melahirkan para jurnalis handal dan profesional melalui karya tulis dari sudut pandang para generasi Z dan Alpha.

” Yang paling utama ialah meningkatkan minat baca para generasi saat ini melalui karya-karya yang segar dan sesuai kebutuhan era yang sangat berbeda seperti era 90 atau 2000-an,” ucapnya.

Hal senada juga dikatakan, perwakilan PT BUMA, Erwin Hamonangan Gultom, ia menyebur kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama pihaknya bersama media online lokal yang kini telah terverifikasi oleh Dewan Pers.

Dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas menulis bagi pelajar di “Bumi Batiwakkal”, baik menulis berita maupun artikel yang dapat dimuat di website sekolah dan media online tersebut.

30E ACADEMY 3

“Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, para pelajar dapat menulis berita secara baik sesuai kaidah jurnalistik,”harapnya.

Sementara itu, Agus selaku koordinator bidang organisasi, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Berau yang juga sebagai pemateri dalam kegiatan Pelatihan Dasar Jurnalistik ini mengakui. Pentingnya pemahaman rumis dasar jurnalistik yakni 5W+1H (apa, siapa, kapan, dimana dan bagaimana).

Menurutnya, saat ini, semua orang bisa menjadi jurnalis dengan semakin berkembangnya tekonologi. Namun tidak semua jurnalis memahami dasar-dasar jurnalistik untuk bisa menghasilkan karya yang berkualitas.

“Berita yang dibuat dalam bentuk piramida terbalik, harus aktual, ekonomis dan lugas”, tuturnya.

Agus juga menambahkan, untuk meningkatkan kemampuan penulis.  Maka harus dibiasakan dengan banyak membaca.

“Karena dengan membaca setiap literasi yang ada, akan memberikan kemampuan bagi penulis dalam membuat berita yang baik,” terangnya.

Berauterkini academy.

Ia juga mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik dasar yang dilaksanakan Berau Terkini melalui program Berau Terkini Batch II. Menurutnya, ini menjadi langkah nyata dalam mendukung peningkatan literasi dan menjadi momentum menjaring calon jurnalis handal sejak usia sekolah.

Untuk diketahui, sejak pertama kali dilaksanakan pada 2023 lalu. Telah ada 80 pelajar se kabupaten Berau yang tergabung dalam program Berau Terkini Academy.

Bahkan, beberapa diantaranya kini telah  aktif dalam mengirimkan karya tulisnya dengan berbagai isu menarik, baik di lingkungan sekolah maupuan di luar sekolah. Hasil karya tulis itupun kini dapat diakses pembaca melalui website berauterkini.co.id. (*)