Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Akmal Malik, didampingi sejumlah pejabat daerah lainnya, menghadiri Segah Riverside Festival di Tepian Ahmad Yani, Tanjung Redeb, Sabtu (21/9/2023) malam. Dia minta Berau harus punya ikon sebagai identitas

Adapun rangkaian kegiatan Segah Riverside Festival, yaitu Lomba Fashion Show, Pameran Ekonomi Kreatif dan Penampilan Seni Tari dan Musik.

Akmal Malik, menyampaikan pentingnya menciptakan ikon untuk menggambarkan Kabupaten Berau, sehingga perlu peranan masyarakat dalam mempromosikan Berau sebagai destinasi pariwisata.

“Tanggung jawab mempromosikan Berau tidak terletak hanya pada pihak Pemda atau Dinas Pariwisata, tetapi juga kepada masyarakat,” ucapnya.

Apalagi, Berau memiliki banyak lokasi-lokasi yang menarik, seperti Tepian Segah, ada juga Jembatan Sambaliung yang kini semakin indah, dengan adanya tambahan elemen-elemen sebagai identitas “Bumi Batiwakkal”.

Untuk menambah ciri khas tersebut, katanya, perlu adanya kegiatan atau festival untuk menjadikan Tanjung Redeb, tempat yang selalu menarik dikunjungi.

“Perlu adanya kegiatan secara berkala, sekurang-kurangnya sekali seminggu untuk meningkatkan aktivitas ekonomi setempat,” ujarnya.

Ditekankan, pentingnya kerja sama dengan pihak ketiga atau perusahaan yang ada di Kabupaten Berau.

“Dengan komitmen dan kerja sama, Berau dapat dikenali bukan saja di dalam negeri tetapi juga di peringkat antara bangsa,” katanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Ilyas Natsir, menyambut baik usulan-usulan yang diberikan Pj Gubernur.

“Memang sudah seharusnya seperti itu. Hal ini secara perlahan akan diwujudkan diiringi dengan peningkatan sumber daya manusia yang ada,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan-kegiatan seperti ini sangat bagus untuk memperkenalkan keindahan yang dimiliki Berau, terutama di wilayah Tanjung Redeb.

“Kami akan terus berupaya dan mendorong bagaimana pariwisata dan ekonomi kreatif di Berau bisa semakin membaik,” tuturnya seraya berharap. (*)