Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sementara Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Sayid Anjas, menghadiri Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Mahakam 2024, yang dilaksanakan di Halaman Mako Polres Kutim pada Jumat (23/08/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang, termasuk di Kabupaten Kutim.

Sayid Anjas menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai langkah pencegahan dan pengamanan untuk Pilkada 2024, agar proses pemilihan dapat berlangsung dengan lebih aman.

“Ini sebagai langkah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan. Saya rasa hal ini wajib dipersiapkan sedini mungkin,” ujarnya.

Dalam konteks evaluasi, Sayid Anjas mengingatkan insiden kericuhan yang terjadi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kutim. Ia meminta pihak Polres Kutim untuk menjadikan peristiwa tersebut sebagai pelajaran, sehingga hal serupa tidak terulang pada Pilkada Kutim mendatang.

“Saya rasa itu harus jadi evaluasi untuk Polres Kutim. Kami selaku DPRD Kutim meminta agar titik-titik yang krusial terjadi kericuhan ditambahkan personil untuk pengamanan,” ungkapnya.

Legislator dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kondusifitas menjelang Pilkada.

“Saya menghimbau masyarakat agar jangan Golongan Putih (Golput), silahkan pilih masing-masing, mana calon pemimpin yang terbaik, baik itu Calon Bupati/Wakil Bupati Kutim maupun Gubernur/Wakil Gubernur Kaltim,” pungkasnya. (Adv)