Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB –Waktu pengerjaan proyek ‘Gapura Selamat Datang’ di kawasan kilometer 5 diperpanjang hingga 28 September 2024. Sebelumnya, target pengerjaan proyek gerbang tersebut sesuai kontrak awal, rampung pada 28 Agustus 2024. Diprediksi akan molor kurang lebih sebulan dari perjanjian awal.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pengembangan Pemukiman Penataan Bangunan Jasa Konstruksi (P3BJK) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Berau, Junaidi, menyampaikan bahwa telah dilakukan Addendum kontrak atau dokumen tambahan yang ditambahkan ke kontrak asli untuk mengubah ketentuan.

“Berdasarkan laporan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengerjaan mendapat addendum penambahan waktu selama 30 hari,” jelas Junaidi, kepada berauterkini.co.id, di ruang kerjanya, Rabu (11/9/2024).

Hal ini dikarenakan kendala pekerjaan, yaitu kondisi jalur lalu lintas yang tidak bisa dibuka penuh membuat area pekerjaan terbatas.

Junaidi tidak menampik target pengerjaan proyek tersebut harusnya rampung pada 28 Agustus 2024 lalu. Sesuai dengan kontrak awal yang sudah ditargetkan, namun karena kondisi lalu lintas menghambat proses pengerjaan.

Proyek dengan anggaran Rp3,9 miliar itu diberikan dispensasi atau perpanjangan waktu selama 30 hari kalender dengan harapan, pengerjaan dapat dilakukan secara maksimal.

“Saat ini belum diberlakukan denda,” tegasnya.

Progres paket pengerjaan saat ini, terangnya, sudah 97 persen. Adapun perhitungan volume, bahan pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) yang masuk di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni 2024.

ACP solid (abu-abu) 373,41 meter persegi, ACP Lasercutt (gold) 92,99 meter persegi, menyisakan pemasangan ACP di kaki sayap dan bagian tengah yang akan masuk di penanganan APBD perubahan.

“Tinggal yang di kaki sayap dan bagian tengah dekat videotron,” terang Plt P3BJK DPUPR Junaidi. (*)