Reporter : Sulaiman
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Kampung Long Lanuk yang terletak di Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, menjadi perwakilan Berau dalam penilaian pengelolaan keuangan dan aset terbaik di tingkat provinsi, berkat keberhasilan Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Lanuk Permai dalam menggerakkan perekonomian lokal.

BUMK Lanuk Permai berhasil mengelola berbagai unit usaha yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat juga memanfaatkan potensi lokal.

Unit usaha yang dikelola BUMK Lanuk Permai, yaitu peternakan ayam kampung, usaha fotokopi dan alat tulis kantor (ATK), usaha air minum, layanan transfer dana dan pengisian token listrik serta penyedia tenaga kerja.

Dari banyaknya unit usaha yang dikelola, PT Mitra Lanuk Permai (MLP) menjadi unit usaha unggulan BUMK ini. Unit usaha ini telah memiliki legalitas resmi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, serta memiliki peran penting dalam memberdayakan masyarakat lokal untuk menjadi tenaga kerja yang siap pakai.

9i KENALI 1

PT Mitra Lanuk Permai bekerja sama dengan berbagai investor di sekitar Kampung Long Lanuk untuk menciptakan peluang kerja bagi warga.

Keberhasilan BUMK Lanuk Permai dalam mengelola berbagai unit usaha ini telah membuahkan hasil yang memuaskan.

Dari tahun 2021 hingga 2023, Pendapatan Asli Kampung (PAK) mengalami peningkatan yang luar biasa, hal ini menunjukan dampak positif dari usaha yang telah dijalankan.

Berkat pencapaian unit usaha ini dalam memberikan dampak bagi ekonomi masyarakat, manajemen keuangannya, keterlibatan masyarakat serta keberlanjutan usaha, menjadi tiket bagi Kampung Long Lanuk untuk mengikuti penilaian BUMK terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2024 pada Kategori Pengelolaan Keuangan dan Aset terbaik yang telah dilakukan pada 6 Agustus lalu.

Keberhasilan BUMK Lanuk Permai tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, mulai dari pemerintah kampung, pemerintah daerah, masyarakat hingga perusahaan.

Salah satu mitranya adalah PT Berau Coal, yang turut memberikan kontribusi melalui pelatihan, bantuan bus sekolah, kemitraan dalam bidang penyediaan tenaga kerja, dan pendampingan  perkebunan.

Kolaborasi ini menunjukkan bahwa kemitraan yang terjalin antara BUMK dan perusahaan dapat menghasilkan dampak positif, sekaligus meningkatkan kualitas hidup.

“PT Berau Coal berkontribusi dalam bentuk pelatihan, bantuan bus sekolah, menjadi mitra pada bidang penyedia tenaga kerja, dan pendampingan perkebunan,” ungkap Heriadi, selaku Ketua BUMK Lanuk Permai.

Heriadi, berterimakasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung dan memberikan pendampingan kepada BUMK Lanuk Permai.

“Kami berterimakasih kepada pemerintah kampung, pemerintah daerah, DPMK, Kecamatan Sambaliung atas dukungan dan pendampingannya selama ini. Kami ucapkan terima kasih juga kepada mitra BUMK, yaitu PT Berau Coal yang telah membantu dalam pengembangan usaha BUMK Lanuk Permai sampai saat ini,” katanya.

Community Base Development Coordinator PT Berau Coal, Reza Hermawan turut bangga atas prestasi yang sudah dicapai oleh Kampung Long Lanuk dan kemajuan yang dicapai oleh BUMK Lanuk Permai. Pihaknya berharap kemitraan yang terjalin bisa memberikan manfaat terhadap pengembangan ekonomi Kampung Long Lanuk.

“Masuk dalam penilaian BUMK terbaik merupakan suatu kebanggaan bagi kami. Kami bersyukur bisa memberikan kontribusi terhadap pencapaian kampung melalui kemitraan dalam unit usaha BUMK. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kampung-kampung lainnya untuk memaksimalkan potensi lokal mereka,” ucapnya. (*)