Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Batiwakkal, Kabupaten Berau kembali meluncurkan program terbarunya sebagai bentuk peningkatan layanan, yakni berupa mobil layanan keliling untuk memudahkan pembayaran air bersih dengan sistem pembayaran non tunai, yakni dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Mobil pelayanan ini dirancang untuk memudahkan masyarakat dengan sistem pembayaran yang bisa langsung dilakukan di lokasi,” ungkap Direktur Perumda Batiwakkal, Saipul Rahman kepada berauterkini.co.id, beberapa waktu lalu.

Saipul mengaku, konsep pelayanan keliling ini, Perumda terinspirasi dari mobil pelayanan Samsat dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sudah dikenal masyarakat.

Mobil itu, lanjutnya, akan diprioritaskan untuk melayani masyarakat di daerah-daerah pelosok, namun tetap akan beroperasi di wilayah perkotaan sesuai arahan dari Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, yang juga bertindak sebagai Kuasa Pemilik Modal (KPM).

“Kami luncurkan program ini sebagai bentuk realisasi atas arahan Bupati Berau, untuk memperluas jangkauan layanan sampai ke pelosok perkampungan,” terang Saipul Rahman.

Dengan peluncuran mobil pelayanan tersebut, diharapkan masyarakat Berau dapat menikmati layanan air bersih yang lebih mudah diakses, serta proses pembayaran yang lebih cepat dan praktis, baik di daerah terpencil maupun di pusat kota.

Sistem pembayaran yang digunakan melalui QRIS itu, pihaknya, menggandeng berbagai mitra perbankan seperti BPD Kaltimtara, BNI, BRI, dan Mandiri yang segera akan menyusul.

“Masyarakat juga bisa membayar melalui kantor pos dan Payment Point Online Bank (PPOB),” ujar Saipul. (*)