Reporter : Hendra Irawan
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Kasat Lantas Polres Berau AKP Wulyadi, menyebut masih banyak masyarakat pengendara roda dua atau motor di Kabupaten Berau mengabaikan keselamatan di jalan raya.

“Kondisi ini saya temukan ketika saya bertugas di sini (Berau). Pengendara seperti menganggap nyawa itu sepele dan mengesampingkan aturan berlalu lintas,” jelasnya, Rabu (14/8/2024).

Hal itu, katanya, terlihat setiap kali pihaknya menggelar sosialisasi, sekaligus operasi patuh beberapa waktu lalu.

15E PENGENDARA 2

Dalam kesempatan itu, pihaknya beberapa kali mendapati banyak pengendara yang melanggar. Seperti menggunakan kendaraan ugal-ugalan, tidak menggunakan kelengkapan kendaraan, baik spion kiri-kanan, lampu serta  menggunakan knalpot brong.

“Padahal, itu dapat menimbulkan kecelakaan dan dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain,” ujarnya.

Tidak hanya itu, AKP Wulyadi juga beberapa kali mendapati pengendara tidak menggunakan helm.

Padahal fungsi helm, jelasnya, menjaga kepala ketika terjadi musibah serta menjaga kepala ketika terbentur di aspal atau benda keras lainnya.

15E PENGENDARA 3

“Saya beberapa kali mendapati ada pengendara yang tidak pakai helm. Kalau ditegur, pengendaranya hanya senyum dan abai, seolah tidak peduli,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, masyarakat dapat patuh berlalu lintas di jalan raya, demi mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sebab, terangnya, banyak nyawa hilang percuma akibat menganggap remeh aturan berlalu lintas.

“Kami mengimbau, patuhilah aturan lalulintas. Sayangi nyawa selama berkendara, karena pasti banyak keluarga yang menunggu kita pulang,” paparnya. (*)