Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Bupati Kabupaten Berau, Sri Juniarsih Mas, meminta seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar meningkatkan kinerjanya demi melayani masyarakat.

Dilihat dari serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Derah (APBD) Berau tahun 2024 hingga 31 Juli, baru terealisasi sebesar 37,59 persen. Dari pagu anggaran Sekira Rp5 triliun, setelah melewati 2 triwulan, baru sekira Rp1,9 triliun yang terserap.

“Saya meminta SKPD aktif melaporkan progres realisasi 18 program unggulan,” ucapnya saat memimpin apel di halaman Kantor Bupati Berau, Senin (5/8/2024).

18 program tersebut adalah janji yang merupakan ‘hutang’ pemerintah daerah kepada masyarakat Berau dan harus terealisasi ketika masa jabatannya dan wakilnya Gamalis selesai.

“Ini harus menjadi perhatian serius bagi para kepala SKPD untuk mengejar realisasi anggaran,” tegasnya.

Berdasarkan laporan dari Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ), dari total 530 paket pengerjaan yang telah tender, sudah selesai dikerjakan sebanyak 510 paket.

Mengingat jumlah yang tinggal sedikit, orang nomor satu di Kabupaten Berau ini meminta agar pekerjaan tersebut segera diselesaikan.

“sudah lebih dari 90 persen yang selesai. Saya ingin, semua selesai dikerjakan segera,” desak Bupati Sri.

Bupati juga mengucapkan, terima kasih atas capaian yang telah diraih oleh seluruh jajaran SKPD, baik itu berupa penghargaan maupun pembangunan yang telah terealisasi.

“Terima kasih atas kerja keras yang telah diberikan untuk pembangunan Kabupaten Berau,” ucapnya.

Menurutnya, 3 tahun merupakan waktu yang singkat untuk menyelesaikan program prioritas tersebut. Sehingga, meminta kepada jajaran SKPD agar berupaya dengan maksimal untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

“Harus kita upayakan semaksimal mungkin,” tandasnya. (*)