Reporter : Sulaiman
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Berau, bakal menjadi ‘leading sector’ dari gelaran Berau EXPO 2024. Rencananya, Berau EXPO mulai digelar pada 25 Agustus 2024 mendatang dengan menggelontorkan anggaran Rp3 miliar.

Demi terselenggaranya event akbar tahunan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau mengalokasikan anggaran senilai 3 rupiah miliar lebih. Nilai tersebut yang bakal dikelola pemerintah untuk bekerja sama dengan pihak ketiga alias vendor.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Berau EXPO, Veri Atong Batara, mengatakan tim pelaksana dari event tersebut sepenuhnya diisi oleh pemerintah daerah yang beranggotakan para Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Pilot project-nya, dari DPMPTSP, Mas,” kata Veri, Senin (5/8/2024).

Secara konsep besar acara, sebutnya, masih sama dengan Berau EXPO sebelumnya dengan hiburan diisi oleh artis ibu kota untuk pembuka dan penutupan.

“Konsep pada dasarnya masih sama,” ungkapnya.

Namun yang membedakan, terkait dengan tema. Pada tahun ini penyelenggaraan mengusung tema, ‘Wisata Maju, Ekonomi Bangkit, Berau Sejahtera.

Sementara pada tahun sebelumnya, ‘Ekonomi Bangkit, Berau Kuat, Masyarakat Sejahtera’. Sejauh ini, dari sisi persiapan diklaim telah mencapai 25 persen. Meliputi kesiapan panitia dan tema besar event tersebut.

“Itu tema besar yang akan diusung. Sudah disepakati dalam rapat teknis pagi tadi,” bebernya.

Disampaikan, seluruh OPD di Berau dan instansi vertikal bakal menjadi peserta yang bakal mengisi setiap stand pameran. Masih sama dengan pola Berau EXPO sebelumnya.

Pada tahun ini pula, denah lokasi event mengalami perubahan signifikan. Dimana panggung utama berada di sisi selatan panggung utama GOR Pemuda Tanjung Redeb. Kemudian gedung indoor berada di sisi timur.

“Kami sudah dua kali rapat, membahas teknis event ini,” ungkap Veri.

Event yang berdekatan dengan gelaran HUT ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia, disebut tidak menjadi penghalang penggunaan GOR Pemuda.

Sebab, secara teknis pembangunan di lokasi Berau EXPO baru akan dilakukan sehari setelah upacara HUT RI tahun ini. Menyicil persiapan menuju pembukaan sepekan setelahnya.

“Paling 18 Agustus tim sudah mulai bergerak itu,” katanya. (*)