Reporter : Sulaiman
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Bakal Calon Bupati (Bacabup) Berau Sri Juniarsih (petahana), mengakui kabar, bila saat ini arah politik ke depan akan menduetkannya kembali dengan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Kalimantan Timur (DPW PPP Kaltim) Gamalis, pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Berau 2024 mendatang.

Perempuan nomor satu di “Bumi Batiwakkal” itu menegaskan, keputusan tersebut bukan kehendak pribadi, namun berangkat dari situasi objektif yang didukung dengan hasil survei yang dilakukan sebanyak dua kali.

Diakui, tidak ingin gegabah dalam mengambil keputusan, sehingga langkah yang ditetapkan saat ini, merupakan perhitungan matang bersama antara calon partai pengusung dan pendukung di Pilkada.

“Ini bukan keinginan pribadi. Kami sudah survei sampai 2 kali,” ungkap Umi Sri, Jumat (2/8/2024).

Tidak ingin melangkah lebih jauh, menurutnya, akan ada masa dimana partai pengusung dan pendukung akan mendeklarasikan keputusan secara bersama-sama. Paling tidak jelang pembukaan pendaftaran pada 27 Agustus 2024 mendatang.

“Nanti kita lihat,” ujar perempuan yang menjabat Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Berau tersebut.

Di sisi lain, sebagai kepala daerah, Umi ingin agar peran insan pers di Berau dapat menjadi corong informasi ke masyarakat, dapat memberikan ketenangan di dalam situasi politik yang semakin dekat dengan kontestasi saat ini.

Pesan itu disampaikannya, sebab sebelumnya menghadiri acara pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Berau, di Hotel Exclusive Palmy, Jalan AKB Sanipah II.

“Jaga kondusifitas di Berau,” harapnya.

“Yang jelas, siapapun wakilnya, kami akan tetap bekerja untuk Berau,” imbuh Umi Sri.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPW PPP Kaltim, Gamalis, menegaskan bahwa potensi koalisi di Pilkada di Berau telah disepakati di tingkat pengurus partai di daerah. Hanya saja, belum mendapat rekomendasi resmi dari pengurus pusat.

“Semoga hasil obrolan ini bisa memberikan arah politik untuk pembangunan Berau yang akan datang,” harapnya.

Saling mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam tubuh koalisi pada Pilkada Berau 2020 lalu, dianggap menjadi modal kuat pasangan ini untuk menguatkan koalisi partai untuk Pilkada tahun ini.

Karena itu, Umi yakin bila jadi kembali bekerja sama, maka partai yang berkoalisi nantinya akan kembali mengulang sejarah kemenangan tersebut.

“Karena kami masing-masing mengetahui kekuatan dan kelemahan kami, saling melengkapi,” ungkapnya.

Kesolidan itu pun diklaim menjadi kunci keberhasilan pemerintahan saat ini. Dimana Sri Juniarsih dan Gamalis memberikan program pembangunan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat “Bumi Batiwakkal”.

“Sudah terbukti era kami ini, konsentrasi pembangunan hampir merata di seluruh Berau,” ujarnya.

Kesepakatan politik saat ini diakui baru di level daerah, antara DPD PKS dan DPC PPP Berau. Ke depan rekomendasi masih harus dipastikan lewat pengurus pusat partai masing-masing. (*)