Reporter : Hendra Irawan
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Penutup drainase di sebagian kawasan di wilayah Kabupaten Berau terlihat banyak yang hilang dan lubangnya menganga lebar. Terkait dengan persoalan itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mengusulkan agar ada penggantian.

Hilangnya penutup drainase yang jelas terlihat di sekitar Jalan Kartini dan Haji Isa II, Kecamatan Tanjung Redeb itu, direspon Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Hendra Pranata.

Menurut Hendra, penutup drainase tersebut sebenarnya sudah dilengkapi dengan pengunci, dan tertanam di cor beton.

“Saya kurang tahu bagaimana caranya pelaku melepas itu. Padahal, itu terpasang rapat,” katanya, Jumat (2/7/2024).

Dikatakannya, adapun penutup beton itu bertujuan untuk menjaga keamanan pengguna jalan serta mencegah lubang drainase itu menjadi tempat pembuangan sampah.

“Makanya, lubang drainasenya ditutup pakai plat besi. Kalau tidak ditutup, khawatir mencelakakan warga dan jadi tempat pembuangan sampah,” jelasnya.

Hendra menyayangkan aksi pelaku yang nekat mencuri penutup-penutup drainase tersebut. Diharapkan, masyarakat juga turut mengawasi fasilitas umum tersebut, agar tidak dirusak ataupun dicuri oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Harapannya, pelaku dapat segera ditemukan,” inginnya.

Adapun terkait dengan penutup drainase yang hilang itu, jelas Hendra, akan menggantinya dengan cara mengusulkan kembali pengadaan penutupnya.

“Kami sudah rencanakan usulan penggantiannya. Semoga bisa cepat terealisasi,” harapnya. (*)