Reporter : Sulaiman
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Berau, Syamsul Ma’aruf, menegaskan tetap konsisten mendukung Sri Juniarsih (SJ), dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Berau tahun ini, apapun keputusan politik ke depan. Demokrat mengaku legowo apapun keputusan petahana.

Pernyataan tersebut menyusul semakin terangnya arah koalisi Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Persatuan Pembangunan (PKS-PPP) Berau. Dimana kedua partai tersebut menunjukkan sinyal kembali berkoalisi pada Pilkada tahun ini.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), Gamalis, sudah memberikan pernyataan potensi kembalinya pasangan Sri Juniarsih-Gamalis, untuk berpasangan di Pilkada nanti.

“Apapun keputusannya, kami akan terima,” kata Ma’aruf, kepada berauterkini.co.id, di kkantornya, Kamis (1/8/2024).

Dikatakannya, komitmen tersebut merujuk pada pemberian surat tugas yang diterima petahana Bupati Berau, Sri Juniarsih. Tugas-tugas yang dicantumkan di dalam surat tersebut telah dikerjakan sesuai arahan partai.

“Kami belum bisa menyatakan menerima, karena harus dibuktikan dengan rekomendasi partai,” katanya.

Dengan beredarnya kabar keberlanjutan koalisi PPP dan PKS, diakui menyambut baik. Sebab, pasangan tersebut memiliki rekam jejak kemenangan dan memiliki bukti dalam proses pembangunan.

Disinggung ihwal dirinya yang juga menawarkan diri dipilih oleh petahana, Ma’aruf menegaskan, pihaknya hanya dapat menawarkan. Sementara keputusan sepenuhnya diberikan kepada petahana.

Ma’aruf legowo bila tidak jadi dipilih oleh petahana. Sebab diakui, bahwa petahana telah memiliki perhitungan matang dalam setiap mengambil keputusan untuk memilih pendamping di Pilkada.

“Bila keputusannya itu, tentu kami akan terima. Apapun keputusan tersebut, representasi dari komitmen Demokrat,” ungkapnya.

Ke depan pihaknya akan mengatur waktu untuk melangsungkan pertemuan di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat dalam agenda mengambil rekomendasi partai.

Dalam proses pengambilan itu, SJ diharapkan langsung mengambil bersama pasangannya. Tentunya ditemani langsung oleh pengurus DPC Demokrat Berau.

“Nanti, kami yang akan temani langsung ke Jakarta,” ucapnya.

Deklarasi dukungan Demokrat pun akan dilangsungkan  paling lambat pekan kedua Agustus 2024 ini disertai dengan bukti surat rekomendasi partai untuk pasangan SJ nantinya.

“Di pekan ini, kami upayakan sudah terima rekomendasi,” janjinya. (*)