Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Home industri atau usaha rumahan menjadikan Industri pangan sebagai salah satu peluang usaha yang dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat Kampung Teluk Alulu, Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau.

Hal ini diungkapkan Kepala Kampung (Kakam) Teluk Alulu, Noraliansyah, yang mengatakan banyak produk makanan sudah di pasarkan di Kecamatan Maratua berasal dari Kampung Teluk Alulu.

“Jadi, kita di sini punya produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang dikelola di rumah oleh ibu-ibu PKK. Mereka memproduksi makanan lalu di titipkan di kios-kios,” ungkapnya.

Walaupun belum bisa masuk sebagai Pendapatan Asli Kampung (PAK) home industri UMKM yang ada tetap mendapat perhatian dari pemerintah, seperti pemberian pelatihan dan pemahaman pentingnya perlindungan kekayaan intelektual sebagai bentuk payung hukum bagi pelaku usaha.

“Pembinaan ada tapi kebanyakan ibu-ibu di sini mereka otodidak, sebagian juga sudah ada yang memiliki label untuk usahanya,” jelasnya.

Noraliansyah berharap, adanya industri rumahan ini dapat meningkatkan kemandirian perempuan, khususnya ibu rumah tangga dan ke depan home industri tersebut bisa masuk sebagai PAK. (*)