Reporter : Sulaiman
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Prestasi yang diraih sepasang finalis Duta Wisata Berau 2024, Dini Diva Aprilia dan David Mangihut Parsaulian S, di ajang pemilihan Kanda Dinda Duta Budaya Kalimantan Timur (Kaltim) 2024, mendapat apresiasi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Berau, Ilyas Natsir.

Diketahui, pada ajang itu, Dini Diva berhasil meraih juara Runner Up Dinda Budaya Kalimantan Timur. Sementara David dinobatkan sebagai Kanda Intelegensia Duta Budaya Kaltim.

Kadisbudpar Ilyas mengatakan, gelar yang didapat di Berau dan Kaltim itu, harus menjadi pemicu semangat dalam menularkan energi positif bagi kawula muda di “Bumi Batiwakkal”, khususnya menarik minat anak muda untuk mengetahui dan mengerti nilai budaya daerah.

15c sepasang 3

“Ini pemicu semangat untuk memberikan manfaat yang lebih luas,” kata Ilyas, Minggu (14/7/2024).

Menurutnya, capaian kedua anak muda Berau tersebut sudah dapat dijadikan contoh positif bagi kawula muda lainnya.

Dengan semangat dan kegigihan, akhirnya meraih prestasi dalam jangka waktu yang relatif singkat.

“Semangat dalam belajar soal kebudayaan itu yang patut dicontoh, agar budaya daerah tidak punah,” sebutnya berharap.

Ke depan, tantangan yang diemban kedua anak muda tersebut, bilang Ilyas, bisa lebih berat. Sebab, harus memastikan transformasi ilmu yang dimiliki dapat diberikan kepada anak sekolah.

Tentu, secara profesional, dia meminta agar para duta dapat memberikan waktu luang dalam mengejar setiap target yang ditetapkan oleh organisasi duta budaya di Berau.

15c sepasang 2

“Tentu program yang akan mereka jalankan akan kami dukung,” sebutnya.

Pihaknya juga meminta kepada para duta untuk dapat membangun komunikasi yang baik ke Disbudpar Berau, demi keselarasan dalam mengerjakan setiap program yang juga disusun oleh Bidang Kebudayaan Disbudpar Berau.

“Kami pasti siapkan panggungnya, bisa hadir dalam setiap agenda kebudayaan di kampung,” tutur Ilyas.

Dini Diva Aprilia sebagai Runner-Up Dinda Duta Budaya Kaltim, mengungkapkan rasa syukurnya membawa nama harum Berau di tingkat Kaltim.

Putri Berau yang juga berprofesi sebagai jurnalis muda ini, berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi daerah tempat kelahirannya. Mempromosikan serta mengembangkan pariwisata dan kebudayaan daerah.

“Sangat bangga dan sebagai duta kami akan berupaya memberikan yang terbaik untuk terus mempromosikan Berau,” ucapnya.

Dia juga mengutarakan ucapan terimakasih atas pendampingan pelatihnya, Dani Apriatmaja, yang telah memberikan banyak pengetahuan tentang dunia duta budaya selama persiapan menuju malam final Duta Budaya Kaltim.

“Beliau sangat berperan besar untuk membekali kami di duta budaya,” kata Diva. (*)