Reporter : Sulaiman
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau mengucurkan dana untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam bulan Juni – Desember 2024, merogoh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) senilai 2,3 miliar rupiah.

Jumlah anggran itu karena Pemkab Berau menambah jumlah besaran BLT dari Rp250 ribu per bulan menjadi Rp500 ribu yang diberikan mulai Juni sampai Desember 2024.

Hanya saja, untuk periode penyaluran Januari hingga Juni 2024, para penerima mendapatkan BLT Rp250 ribu per bulan. Sehingga total yang diterima untuk kelompok rentan lanjut usia, Rp1.250.000. Ditambah Rp500 ribu untuk periode awal Juni ini.

Sementara, untuk anak yatim piatu, menerima BLT senilai Rp3 juta untuk kebutuhan selama 6 bulan atau setara Rp500 ribu per bulan.

Adapun jumlah penerima BLT pada periode ini, untuk lansia kurang mampu sebanyak 800 orang. Sementara untuk anak yatim piatu dan anak terlantar, sebanyak 300 penerima yang tersebar di 10 kelurahan di Berau.

Bila dijumlah, pada pertengahan tahun ini Pemkab Berau menggelontorkan anggaran senilai Rp2,3 miliar yang diambil dari APBD Berau 2024.

Bupati Berau, Sri Juniarsih, yang hadir memberikan secara simbolis bantuan tersebut, saat dikonfirmasi awak media mengatakan, penambahan jumlah bantuan tersebut karena menakar kemampuan keuangan daerah.

Selain itu, penambahan jumlah BLT dilatari keinginan pemerintah untuk tetap menjaga daya beli di masyarakat demi menekan angka inflasi daerah.

“Selain karena keuangan kita mampu, ini juga untuk menjaga daya beli di masyarakat,” kata Umi Sri, Kamis (11/7/2024).

Dia pun menyampaikan, penambahan itu dilakukan lantaran pemerintah telah mekanar kebutuhan belanja rumah tangga para warga kurang mampu. Dimana, bila anggaran tetap Rp250 ribu, maka tidak akan cukup untuk belanja kebutuhan rumah tangga.

“Contoh kalian saja, kalau belanja bulanan Rp250 ribu, tentu tidak akan cukup ‘kan,” ucapnya.

Bupati berharap, dana yang diterima tersebut dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Untuk anak yatim piatu, khusus diminta agar dapat menabung kebutuhan sekolah.

“Ini untuk memperbaiki konsumsi makanan harian dan demi anak tidak putus sekolah,” pintanya.

Dalam penyaluran ini, Pemkab Berau menggandeng Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltimtara. Dimana para penerima akan diberikan buku rekening BPD Kaltimtara atas nama penerima.

Pihak bank juga akan membagikan langsung BLT tersebut di 10 keluarahan di Berau.

“Masing-masing sudah punya buku rekening. Itu bisa digunakan dengan sebaik-baiknya,” katanya. (*)