TANJUNG REDEB, – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau akhirnya menerbitkan kalender pariwisata. Apalagi sebelumnya sempat muncul kritikan terkait tidak adanya jadwal kegiatan pariwisata ini.

Kalender ini memuat seluruh moment yang menjadi potensi peningkatan kunjungan melalui promosi pariwisata 2022. Termasuk salah satunya momen Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia di Bumi Batiwakkal. Momen ini diharapkan mampu menjadi promosi besar bagi Berau.

Disbudpar juga telah merevisi kalender pariwisata itu dengan memasukan beberapa agenda yang belum masuk ke dalam kalender kegiatan pariwisata sepanjang tahun ini.

Termasuk, pemilihan duta pariwisata yang rencananya akan digelar di Pulau Maratua. Sekaligus, mempersiapkan Kabupaten Berau yang diyakini menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Muda Disbudpar Berau, Cipto Hanjono mengatakan, dimasukkannya ajang bergengsi pariwisata menunggu kepastian jadwal event nasional tersebut. Di mana, Kabupaten Berau dipercaya menjadi tuan rumah.

“Terlambat dimasukkan karena menunggu konfirmasi tanggal pastinya,”ungkapnya.

Saat ini, seluruh agenda di bawah naungan Disbudpar Berau sudah masuk ke dalam event kalender tersebut.

Terkait waktu pelaksanaan, pemilihan duta tersebut akan digelar pada November mendatang.

Telah mendapat dana stimulan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 500 juta. Sebagai bentuk perhatian dan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dalam menyambut event nasional tersebut.

“Grand finalnya memang belum kami masukkan ke dalam kalender karena tanggalnya belum pasti,” bebernya.

Penetapan tuan rumah ditandai dengan penyerahan prasasti dari Ketua Yayasan Abhya Parama Mavendra, Putu Andre Purnama Mavendra kepada Wakil Bupati Berau, Gamalis. Disaksikan oleh Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Sukawati dan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta.

Pada malam puncak pemilihan Duta Pariwisata Indonesia Tahun 2021 di Balai Budaya Giri Nata Mandala Kabupaten Badung, Bali. (*)

Editor: RJ Palupi