Reporter : Hendra Irawan
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Sebagai upaya mempercantik wajah kota di wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, melakukan revitalisasi gorong-gorong di sejumlah titik bikin pedestrian di Kecamatan Tanjung Redeb.

Kepala Bidang (Kabid) Preservasi Jalan dan Jembatan DPUPR Berau, Junaidi, menyebut gorong-gorong tersebut dibenahi yang selanjutnya dibuat untuk jalur pedestrian atau jalur pejalan kaki.

“Masa pelaksanaan pengerjaannya sekitar 6 bulan,” katanya, Kamis (27/6/2024).

Revitalisasi itu,  lanjut Junaidi, difokuskan membenahi gorong-gorong  serta menata wajah kota. Pengerjaan itu juga terkoneksi dengan jalan-jalan yang sudah punya jalur pedestrian atau trotoarnya.

28g gorong 1

“Karena masih ada titik yang masih terbuka salurannya. Nah itu sekalian kami tutup  drainasenya, supaya terkoneksi dengan jaringan drainase yang lain. Itu ‘kan drainase-drainase tersier,” paparnya.

Adapun pengerjaan pembenahan gorong-gorong tersebut, selain dilakukan di Jalan Pemuda ada juga di Jalan SM Aminuddin, Jalan AKB Sanipah Dua dan Jalan Mangga Tiga.

“Per lokasi ruas jalan itu beda penganggarannya. Semua sudah terpasang papan proyeknya,” jelasnya.

Dijelaskan pula, pengerjaan tersebut hanya pada bagian yang menyatu pada trotoar dan sedikit bahu jalan. Tidak termasuk ruas jalan serta nantinya akan dilakukan pembenahan bagian-bagian jalan yang tidak rapi.

“Kalau secara ruas jalannya itu tidak termasuk, sekaligus membenahi bagian-bagian jalan yang tidak rapi atau perlu perbaikan. Tapi fokusnya tetap pengerjaan drainase dan trotoar,” terang Junaidi. (*/ADV)