Reporter : Sulaiman
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Awal Juli 2024 ini, rencana Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Solahudin Uno, bersama tim dari kementerian tersiar bakal menyambangi Pulau Derawan, Kabupaten Berau.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Ilyas Natsir, mengatakan kunjungan Mas Menteri akan dilakukan pada 2 sampai 3 Juli 2024 mendatang.

Menurut agenda, nantinya tim kementerian akan melakukan kunjungan ke destinasi wisata yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia alias ADWI 2024 ini.

Diketahui, Berau merupakan salah satu daerah yang bakal dikunjungi menteri setelah Desa Wisata Pulau Derawan, dinyatakan lolos kurasi dari Tim ADWI.

28c sandi uno
Rapat pembahasan persiapan kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno, yang digelar di Ruang Rapat Kakaban, Senin (27/6/2024). (foto: sulaiman)

“Iya betul. Nanti dua hari beliau akan berada disini,” kata Ilyas, kepada awak berauterkini.co.id, Kamis (27/6/2024).

Menurut informasi yang diterima, nantinya rombongan dari kementerian akan mendarat di Bandara Kalimarau, pada Selasa (2/7/2024) mendatang.

Lalu tim akan bertolak ke Pulau Derawan menggunakan speedboat dari Dermaga Sanggam, Tanjung Redeb.

Selain ke Pulau Derawan, rencananya tim dari kementerian juga akan bertandang ke Pantai Pasir Putih di Pulau Maratua, lalu melanjutkan kunjungan ke Laguna Pulau Kakaban, pada hari yang sama.

“Rencananya begitu, ya. Karena kalau perjalanan ke Tanjung Batu akan memakan waktu lagi,” terang Ilyas.

Dengan kehadiran Sandiaga Uno, maka akan membuka peluang untuk Pulau Derawan menjadi desa wisata terbaik se-Indonesia.

Hanya saja, dijelaskan Ilyas, tim dari pemerintah kampung di Pulau Derawan dan para pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) harus memastikan kesiapan sarana dan prasarana penunjang di destinasi tersebut.

Karena itu, pada rapat yang digelar di Ruang Pulau Kakaban, Setda Berau, turut menghadirkan para pengurus kampung untuk mengetahui progres persiapan.

“Maka itu kami undang juga untuk rapat hari ini,” ujarnya.

Kadisbudpar berharap, kedatangan menteri tersebut akan memberikan efek domino untuk pembangunan industri pariwisata di Berau, sekaligus merangsang pertumbuhan ekonomi kreatif yang sejauh ini tengah digalakkan Pemkab Berau.

“Ya, jelas ada efeknya. Apalagi beliau yang punya kewenangan untuk memberikan anggaran pengembangan destinasi wisata,” kata Ilyas. (*/ADV)