TANJUNG REDEB – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Falentinus Keo Meo, mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau agar melengkapi fasilitas kesehatan (faskes) di Kampung Mapulu, Kecamatan Kelay.

Pasalnya, sebagai kampung yang memiliki status kampung tertinggal serta keberadaannya cukup jauh dari ibu kota, keberadaan faskes sangat dibutuhkan.

“Dengan adanya pustu ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pertolongan pertama ketika mengalami sakit ataupun yang berkaitan dengan medis,” ucapnya.

Menurut pandangannya, Kampung Mapulu memiliki jarak yang jauh dengan kampung lain, sehingga sangat sulit bagi warga di sana jika ingin berobat dan harus pergi ke kampung tetangga yang jaraknya terbilang tidak dekat.

15g falentinus 2
Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Berau, Falentinus Keo Meo.

“Hal ini sangat tidak efisien dan memakan waktu lagi. Tapi, jika ada faskes di sana, itu akan sangat membantu untuk pertolongan pertama,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, untuk segera membangunkan Pustu di Kampung Mapulu.

Ini dimaksudkan agar masyarakat tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan pengobatan dan pertolongan pertama ketika sedang jatuh sakit.

“Jika Pustu telah terealisasi akan menguntungkan masyarakat kampung, tidak hanya untung di bidang kesehatan saja. Pustu ini juga sebagai syarat mendasar untuk menaikkan status kampung mereka yang semula tertinggal menjadi berkembang,” tandasnya. (*/ADV)

Reporter : Hendra Irawan

Editor : s4h