TANJUNG REDEB – Semakin mengerucut pencarian pasangan bakal calon bupati Berau, Sri Juniarsih, pasca uji kelayakan dan kepatutan, ditemukan 3 nama yang bakal diajukan ke Majelis Syuro Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS).

Saat dikonfirmasi, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada Dewan Pimpinan Cabang (DPW) PKS, Rino Thirtana, mengungkapkan DPW PKS telah menyeleksi dengan seksama 7 bakal calon wakil bupati Berau pendamping Sri Juniarsih, yang berlangsung pada Mei 2024 lalu.

Saat ini hanya tersisa 3 nama teratas, diantaranya Syarifatul Syadiah, berada dalam urutan pertama. Kemudian, Gamalis di posisi runner-up dan nama Agus Wahyudi berada diperingkat ketiga.

“Betul sisa 3 nama itu, ya. Itu hasil fit and proper test kemarin di Berau,” kata Rino, saat dihubungi berauterkini.co.id, Kamis (13/6/2024).

Setelah memilih ketiga nama tersebut, nantinya seluruh nama itu akan diundang ke DPW PKS Kaltim, untuk menjalani proses wawancara lanjutan sebelum para tokoh politik “Bumi Batiwakkal” tersebut diajukan ke DPP PKS.

“Nanti kami akan memastikan kesiapan dulu dari masing-masing nama yang sudah mengerucut ini,” katanya.

Rencananya, agenda tersebut akan digelar pada pertengahan Juni 2024 ini. Paling lambat, pada 20 Juni 2024 mendatang, di Samarinda.

Secara teknis, nantinya setiap calon akan menjalani wawancara langsung dengan para petinggi PKS Kaltim. Didampingi dengan penyelenggara penjaringan Pemilu dan Pilkada 2024.

“Paling lambat Juni ini, nama-nama itu sudah akan kami berikan ke DPP,” terangnya.

Dari 3 nama yang muncul itu, lanjutnya, bakal calon wakil yang memiliki nilai tertinggi, yakni Syarifatul, kemudian disusul Gamalis, dan terakhir AW.

“Iya betul, secara peringkat begitu,” tegasnya.

Ke depan, pihaknya langsung kembali survei politik di masyarakat untuk mendapatkan pendapat publik dengan pola survei yang menggunakan skema berpasangan.

“Nanti kami survei lagi, ya. Tiga nama itu dipasangkan dengan Umi Sri,” terangnya. (*)

Reporter : Sulaiman

Editor : s4h