Foto: Apel siswa SD 

TANJUNG REDEB – Mendorong peningkatan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) di Berau, Dinas Perpustakaan dan Keasripan (Dispusip) Berau diminta terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat di Bumi Batiwakkal.

Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Derah (DPRD) Berau, Ichsan Rapi mendorong Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Berau untuk lebih giat mengajak masyarakat gemar membaca.

“Membaca tidak harus dilakukan di perpustakaan saja, membaca bisa dilakukan di mana saja,” tuturnya.

Ichsan Rapi yang juga ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Berau, menganggap perpustakaan daerah perlu kembali berbenah. Terutama dalam menghadirkan suasana yang nyaman kepada para pengunjung.

“Koleksi buku-buku yang ada harus terus di-update sehingga mampu menarik minat baca masyarakat. Gemar membaca ini harus disosialisasikan oleh instansi terkait sejak dini,” jelasnya.

Oleh karenanya, inovasi seperti ruang baca terbuka harus lebih diperbanyak lagi. Bahkan, Dispusip harus banyak mengadakan event mendongeng atau membaca puisi dan mengundang anak sekolah untuk berkunjung ke perpustakaan.

“Sasarannya bisa dari pelajar yang masih TK dan SD, jadi sejak dini sudah dibiasakan untuk mengenal buku, sehingga dapat meningkatkan literasi,” tutupnya.(*/adv)

Reporter: Dini Diva Aprilia