TANJUNG REDEB – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Berau, Sa’ga, mendorong pengembangan sektor perkebunan di kawasan Kampung Kasai, Kecamatan Pulau Derawan.

Menurutnya, daerah tersebut dinilai memiliki potensi perkebunan Sawit dan Kakao cukup bagus untuk dijadikan tanaman komoditi.

Saat menggelar reses di RT 02 Kampung Kasai, belum lama ini, usulan soal perkebunan Kakao dan Kelapa Sawit juga cukup masif di daerah tersebut.

“Pengembangan sektor Kelapa Sawit dan Kakao saat ini sedang bagus dan menjanjikan. Permintaan pasarnya juga banyak. Seperti komoditi Kakao yang pasarnya bisa sampai ke luar negeri,” ungkapnya.

Dengan banyaknya luasan lahan yang belum dikelola masyarakat, kata Sa’ga, bisa menjadi modal awal yang menjanjikan masyarakat untuk mengembangkan sektor ini.

Untuk mendukung hal tersebut, Sa’ga, akan mendorong pemerintah daerah membangunkan jalan usaha tani agar mempermudah masyarakat yang bergelut di bidang perkebunan.

“Namun, sebelum itu status lahan juga harus jelas. Jangan sampai ada lahan Kawasan Budidaya Kehutanan (KBK) yang tergarap masyarakat, khususnya ketika dibuat jalan usaha tani. Ini harus dipastikan supaya tidak ada masalah hukum nantinya,” paparnya.

Sa’ga juga memaparkan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin, agar masyarakat pekebun di sana mendapatkan bantuan, baik dari kabupaten hingga provinsi.

“Akan saya upayakan dan kawal, agar sektor perkebunan di Kampung Kasai dapat lebih maju dan berkembang,” tandasnya. (*ADV)

Reporter : Hendra Irawan

Editor : s4h