TANJUNG REDEB – Kurang dari sepekan lagi umat muslim bakal menjemput gelaran bulan suci Ramadan 1445 Hijriah/2024, harga daging ayam dan sapi di pasar tradisional Pasar Sanggam Adji Dilayas, Teluk Bayur, masih dijual dengan harga normal hingga Kamis (6/3/2024).

Menurut pengakuan salah seorang pedagang ayam, Asri, menyatakan dalam satu kilogram ayam dijual dengan harga Rp35 ribu. Ini harga yang berlaku selama sepekan belakangan.

“Harga ayam saat ini masih dalam posisi turun,” ujar Asri.

Harga ayam yang dia jual saat ini, telah alami penurunan harga dibanding harga sebulan lalu. Dia menyebut, pada periode Maret lalu, harga ayam per kilogram mencapai Rp38 ribu.

“Harga biasanya naik memang 2 sampai 3 ribu rupiah per kilogram,” sebutnya.

Dalam siklus harga setiap tahunnya, khususnya jelang hari besar, Asri mengungkapkan, kerap terjadi lonjakan harga pada jelang hari besar, seperti Ramadan.

Namun, sekitar sepekan setelahnya harga ayam akan turun dan akan naik kembali jelang hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Pada puncak hari besar keagamaan umat muslim tersebut, kenaikan harga daging ayam per kilogram mencapai 40 sampai 45 rupiah per kilogram.

“Biasanya memang naik turun begitu,” katanya.

Kondisi yang sama dengan penjualan daging sapi lokal, tidak mengalami kenaikan pada hari H-4 Ramadan. Saat ini, daging sapi dijual dengan harga Rp120 ribu per kilogram.

Kendati mengalami kenaikan, harganya berkisar 140 sampai 150 ribu rupiah per kilonya. Hal ini ditentukan permintaan pasar pada perayaan hari besar.

“Belum ada ini. Tapi gak tau, ya kalau daging sapi impor,” ucapnya.

Sang pedagang memprediksi, kenaikan harga akan terjadi pada dua hari sebelum Ramadan jelang pertengahan Maret ini, tergantung pada permintaan pasar. (*)

Reporter : Sulaiman

Editor : s4h