Foto: Konfrensi Pers pelaksanaan Maratau Jazz 2023 

TANJUNG REDEB- Maratua Jazz kembali digelar di Kecamatan Maratua pada 24-25 November 2023. Event yang ke-6 kalinya diselenggarakan tersebut, mengusung tema Maratua Jazz & Dive Fiesta, menghadirkan sejumlah penyanyi jazz papan atas ibu kota.

Gelaran event tahunan tersebut, diselenggarakan atas kerjasama Pemkab Berau dengan pihak ketiga.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Ilyas Natsir mengatakan, salah satu tujuan digelarnya Maratua Jazz ini, bukan hanya memberikan hiburan berkelas kepada warga Maratua, dan masyarakat Kabupaten Berau. Tapi juga mengundang kedatangan wisatawan domestik dan mancanegara.

“Ini salah satu yang kami inginkan dengan gelaran Maratua Jazz ini,” katanya.

Dengan kunjungan yang meningkat lanjut Ilyas, maka akan terjadi efek domino. Seperti wisatawan akan lebih tahu Maratua itu seperti apa, dan bagaimana potensi alamnya. Mulai dari panorama alamnya dan bawah lautnya.

“Karena untuk mengenalkan Maratua lebih dekat, harus berkunjung dan melihat langsung atau lebih dekat keindahan potensi Maratua,” katanya.

Selain mempromosikan Maratua melalui event musik jazz, peningkatan UMKM masyarakat di Maratua juga dipastikan akan ikut terdongnkrak. Misalnya, usaha penginapan, resort, UMKM, hingga usah travel warga Maratua.

Hal ini bisa terealisasi kata Ilyas, hanya dengan meningkatkan kunjungan ke Pulau Maratua. Sehingga, event Maratua Jazz menjadi salah satu panggung musik yang diharapkan dapat menyedot perhatian wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang ke Maratua.

“Ini tujuannya. Kami dari Pemkab Berau terus menggalakkan kunjungan melalui promosi-promosi yang dilakukan agar kunjungan wisatawan ke Kabupaten Berau terus meningkat,” katanya.

Sementara itu, artis kondang tanah air Mus Mujiono juga turut senang bisa manggung di Maratua Jazz. Diakuinya, manggung di Maratua Jazz baru pertama kali.

Meski begitu, dirinya sudah tidak asing dengan nama Maratua. Apalagi, beberapa rekannya yang bermain jazz juga pernah manggung di Maratua.

“Ini akan jadi pengalaman yang membanggakan untuk saya, bisa bernyanyi dan menghibur warga Berau di Maratua. Tentu saya akan tampil secara maksimal,” pungkasnya. (*adv)

Reporter: Hendra Irawan