Foto: Ilustrasi keindahan Pulau Maratua.

TANJUNG REDEB – Berau didapuk menjadi tuan rumah Jambore Pokdarwis atau kelompok sadar wisata. Jambore tersebut digelar di Maratua, mulai 23 hingga 26 November 2023 dan diikuti 9 kabupaten/kota Kalimantan Timur.

Jambore Pokdarwis pada 2022 lalu digelar di Penajam Paser Utara. Berau atas nama Pokdarwis Sumping Nusa saat itu menyabet gelar Juara I. Selain itu, Berau juga menyabet gelar peserta dengan stand terbaik.

Atas torehan prestasi oleh pokdarwis Berau, Kepala Disbudpar Berau Ilyas Natsir, menargetkan Berau kembali menyabet gelar juara umum pada jambore tahun ini. Apalagi, Berau berstatus tuan rumah.

“Pokdarwis kita di Berau ini kerja serius dalam membangun pariwisata, saya yakin selalu dapat yang terbaik,” ujar Ilyas sapaan dia, Kamis (23/11/2023).

Dia menyebut, sejauh ini pemerintah memiliki perhatian serius terhadap kemajuan pokdarwis di setiap daerah tujuan wisata alias DTW di Berau.

Hal itu dibuktikan melalui program pembinaan bagi pokdarwis yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Melalui pembinaan itu, diharapkan dapat menjadi jawaban atas visi pembangunan pemerintah dalam 3 tahun belakangan ini.

Termasuk juga, harapan terjadinya pertumbuhan ekonomi dari sektor wisata terus meningkat.

“Anggaran DBHDR selalu kami berikan untuk kemajuan pokdarwis. Itu wujud keseriusan kami,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia berharap jambore di Berau pada tahun ini, memberikan peningkatan terhadap kualitas pelayanan para pelaku wisata.

Sebab, setiap peserta diminta agar dapat saling bertukar ide dan gagasan terkait pengembangan destinasi wisata. Serta menjadi agen yang dapat mempromosikan sapta pesona pariwisata Indonesia khususnya Kaltim.

“Semoga ini menjadi momentum untuk semakin bertumbuhnya destinasi wisata di Berau dan seluruh destinasi yang ada di Kaltim,” ucapnya.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut bakal digelar beberapa segmen acara. Dimulai dengan agenda Sarasehan Pokdarwis, Pengenalan Daya Tarik Wisata, Obyek Wisata Pokdarwis, Gelar Cendramata, Video Konten Kreatif Obyek Wisata, Aksi dan Tanggap Sapta Pesona, Atraksi Seni, Fun Game, dan pengenalan sadar wisata dan sapta pesona. (*/ADV)

Reporter: Sulaiman