TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Berau menggelar pawai budaya dengan mengusung tema Berau Culture Festival tahun 2023  yang berlangsung meriah di sepanjang Jalan APT Pranoto hingga Jalan SA Maulana, Tanjung Redeb pada Sabtu (4/11) lalu.

Kegiatan ini diikuti ratusan peserta dari berbagai OPD dan paguyuban yang ada di Bumi Batiwakkal. Ribuan pasang mata menyaksikan secara langsung berbagai pertunjukan yang ditampilkan. Hal ini juga menjadi sorotan Ketua Komisi I DPRD Berau, Peri Kombong yang menyaksikan secara langsung pagelaran tersebut.

“Ini kegiatan sangat bagus. Hiburan buat masyarakat,” katanya.

Ia menerangkan, kegiatan ini diharapkan masuk kalender pariwisata. Serta bisa membangkitkan gejolak perekonomian, baik pelaku salon, maupun pelaku UMKM yang menjajakan jualan mereka di sepanjang jalan yang dilalui peserta.

“Saya setuju. Kalau bisa ke depannya lebih meriah lagi. Lebih banyak pesertanya,” ujarnya.

Dilanjutkan Politikus Gerindra ini, Pawai Budaya Berau Culture Festival merupakan rangkaian dari Hari Jadi ke-70 Kabupaten Berau. Pawai budaya ini diikuti sebanyak 68 peserta yang terdiri dari seluruh OPD Kabupaten Berau, 13 Kecamatan, Sekolah, Paguyuban dan Organisasi Masyarakat.

Festival ini dimintanya terus dipertahankan, karena dapat menjadi sarana untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. Sebab, dengan adanya kegiatan seperti ini dapat membantu para UMKM dan pedagang kaki lima yang ingin berjualan selama acara berlangsung.

“Ke depannya, jika bisa secara nasional. Ajak juga wisatawan dari luar negeri, untuk bisa ikut meramaikan. Inikan unik, orang luar pakai baju adat kita. Mengenalkan kepada mereka juga budaya Berau,” ujarnya.

Ia berharap, ke depannya, kegiatan ini bisa dilaksanakan lebih meriah lagi, dan lebih banyak atraksi yang ditampilkan. Ia mengistilahkan, Indonesia dalam Berau yang memiliki arti berbagai kesenian dan budaya yang ada di Indonesia, bisa ditampilkan pada festival tersebut.

“Bukan tidak mungkin. Ini sangat bagus,” tutupnya. (adv)

Reporter: Hendra