Foto: Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Berau, Retno Kustiah.

TANJUNG REDEB – Ragam budaya daerah yang ada di Berau, bakal adu kecantikan dan keunikan dalam gelaran Berau Culture Festival alias BCF, pada 4 November 2023 mendatang. Gelaran tersebut menjadi rangkaian hari jadi ke 70 Berau dan ke 213 Tanjung Redeb.

BCF merupakan agenda pertama yang diselenggarakan oleh Berau yang dibawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau.

Kepala Disbudpar Berau Ilyas Natsir, melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Retno Kustiah, mengatakan jika puluhan paguyuban dan organisasi perangkat daerah bakal dilibatkan dalam acara tersebut.

“Paguyuban, organisasi kedaerahan, hingga OPD akan ikut BCF tahun ini,” kata Retno, ditemui Senin (30/10/2023).

Sekitar 18 paguyuban di Berau bakal dilibatkan. Menampilkan ragam kebudayaan dari daerah masing-masing. Mulai dari daerah jawa, Sulawesi, Dayak hingga ragam daerah lainnya yang tercatat sebagai organisasi kedaerahan resmi di Berau.

Sementara, untuk budaya asli Berau akan dibawakan oleh Kesultanan Sambaliung dan Gunung Tabur. Disebutkan dia, untuk kecamatan terjauh yang mengikuti gelaran BCF tahun ini, dari Kecamatan Maratua.

“Selain pakaian adat tradisional hingga kreasi, akan ada juga tari-tarian,” ucap dia.

Secara teknis, nantinya para peserta bakal unjuk kebolehan kreasi kostum adat dan tarian daerah, di depan panggung utama di Jalan APT Pranoto, depan Masjid Agung Baitul Hikmah.

“Nanti akan ada karpet merah untuk pementasan setiap peserta,” terang dia.

Disebutkan Retno, Pemkab Berau bakal merilis surat pemberitahuan undangan ke pihak yang akan ikut dalam BCF, paling lambat pada Selasa (30/10/2023) esok.

Lantaran jadwal pelaksanaan yang sudah semakin dekat, dirinya menghimbau setiap peserta untuk segera menyiapkan perlengkapan dan kostum terbaiknya.

Rencananya, acara pada tahun ini juga bakal mengusung pawai yang ramah lingkungan dengan tidak menggunakan kendaraan bermotor. Langkah itu sebagai cara pemerintah dalam mendukung pengurangan efek gas karbon.

“Nanti akan kami bagikan surat pemberitahuannya, paling lambat besok. Hari ini rapat teknis sudah kelar,” ujar dia. (*/ADV)

Reporter: Sulaiman