Foto: Anggota Komisi III Berau Saga kala meninjau pembangunan dermaga Pulau Derawan.

TANJUNG REDEB – Ketua Komisi III DPRD Berau, Saga, meninjau langsung pengerjaan renovasi Jembatan Wisata Pulau Derawan. Peninjauan ini untuk memastikan kesiapan jembatan tersebut, sebelum menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Saga mengatakan, pembangunan jembatan merupakan pengerjaan tahap kedua yang menggunakan APBD Berau berkat pemegang kewenangan yaitu Dinas Perhubungan Kabupaten berau.

“Ini merupakan realisasi pembangunan tahap kedua yang menggunakan APBD Berau di bawah kewenangan Dishub Berau,” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan, progres dermaga yang mulai dikerjakan sejak 2022 melalui dua tahap tersebut saat ini sudah mencapai 60 persen. Ia berharap dermaga tersebut bisa maksimal dalam menyambut libur akhir tahun.

“Seperti yang disampaikan pengawas lapangan tadi, Insyaallah minggu depan pengecoran lantai dermaga akan segera dimulai,” ujarnya.

Pembangun jembatan tahap kedua dengan menggunakan dana APBD sebesar Rp 7,1 miliar tersebut diprediksi akan rampung di akhir bulan November 2023 nanti.

“Kalau pun ada keterlambatan rampung nantinya, sudah ada adendum yang mengestimasikan sampai tengah Desember, yang jelas tahun ini harus sudah rampung,” jelasnya.

Terkait kendala dalam pengerjaan, Saga mengatakan sampai saat ini dirinya belum menerima laporan kalau dalam pengerjaan dermaga tersebut ada kendala yang dihadapi. “Selama ini dari segi pendanaan hingga material bahkan kesejahteraan perkerja sendiri yang saya lihat langsung masih aman-aman saja,” terangnya.

Untuk itu, dirinya berharap hingga pengerjaan tersebut selesai nantinya jangan sampai terkendala apapun, karena pembangunan dermaga tersebut selain hasil dari perjuangannya selama duduk di kursi DPRD, pembangunan dermaga tersebut juga sebagai penopang sektor pariwisata di Pulau Derawan itu juga.

“Nantinya dermaga tersebut akan dijadikan dermaga akses satu pintu tempat datang dan perginya wisatawan yang berkunjung ke Pulau Derawan ini, dan tentunya PAD kita juga akan terbantu melalui akses penggunaan dermaga ini,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Hendra Irawan