Foto: Anggota DPRD Sakirman kala melaksanakan reses di Gurimbang dan Tumbit Dayak. 

TANJUNG REDEB- Anggota DPRD Berau, Sakirman menggelar reses di dua kampung yakni Tumbit Dayak, dan Gurimbang di Kecamatan Sambaliung yang berada di Dapil IV.

Reses itu merupakan kegiatan rutin seluruh anggota DPRD Berau untuk menggali aspirasi konstituennya. Disampaikan Sakirman, adapun hasil reses tersebut, rata-rata meminta peningkatan insfrastruktur jalan, fasilitas pertanian dan perikanan.

“Seperti misalnya usulan sejumlah warga Tumbit Dayak, saat kami menggelar reses di rumah Pak Ahmad. Mereka meminta peningkatan akses jalan di RT 4 dan RT 5, serta akses jalan menuju pemakaman,” ujarnya.

Sementara itu, untuk reses di Kampung Gurimbang, warga atau kelompok petani setempat mengusulkan jalan usaha tani, lantai jemur, irigasi sawah. Kemudian, untuk sektor perkebunan, petani di sana membutuhkan bibit kakao, jeruk, rambutan, pupuk dan racun rumput.

“Ini untuk mendukung kegiatan pertanian dan perkebunan warga di Gurimbang,” ujarnya.

Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera ini juga mengatakan, untuk potensi persawahan di Gurimbang cukup luar biasa.

Setidaknya, potensi persawahan di Gurimbang mencapai 400 hektare. Sementara yang baru terbuka baru 160 hektare.

“Ini cukup luar biasa. Dan kami di DPRD akan terus mendukung setiap program Pemerintah Daerah untuk memgembangkan pertanian. Sebagai wujud realisasi ketahanan pangan di Berau,” terangnya.

Selain itu, ada juga kelompok nelayan yang mengeluhkan dan meminta aspirasi berupa alat tangkap, dan mesin perahu atau kapal seperti ketinting dan Domfeng.

Selain itu, ada juga masyarakat yang menyampaikan keluhan seperti lahan yang sempit dan berharap adanya solusi tanaman jangka pendek.

“Semua usulan dan aspirasi di dua kampung itu kami catat. Dan selanjutnya akan disampaikan ke OPD terkait. Kami juga akan berupaya mendorong realisasinya melalui fungsi kami di DPRD,” pungkasnya. (/ADV).

Reporter: Hendra Irawan