Foto: Komisi III DPRD Berau kala melaksanakan pertemuan dengan DPUPR.

TANJUNG REDEB- Anggota Komisi III DPRD Berau yang membidangi infrastruktur, menggelar rapat bersama jajaran DPUPR Berau, membahas program kegiatan tahun 2024.

Dalam rapat tersebut, ada kurang lebih Rp 2 triliun anggaran yang akan dikelola oleh DPUPR di tahun 2024 nanti.  Ada beberapa fokus program yang dilakukan, terutama penyelesaian beberapa proyek lanjutan yang tahun 2023 ini dikerjakan.

Di samping itu ada juga bebrapa program yang jadi prioritas pemerintah. Wakil Ketua Komisi III DPRD Berau, Abdul Waris meminta, agar usulan Musrenbang yang membutuhkan peningkatan insfrastruktur dasar. Terutama, akses jalan poros kampung agar di tuntaskan.

“Sehingga kedepan, tidak adalagi kampung yang kecewa pada saat musrenbang,” katanya.

Kemudian, yang kedua, insfrastruktur yang mengerakkan ekonomi masyarakat. Terutama, akses pariwisata. Misalnya, poros masuk Kampung Semanting di Kecamatan Pulau Derawan. Akses sentra perikanan, agar hasil tangkap nelayan bisa lancar dibawa ke luar kampung.

Selain itu, jalan Kampung Tembudan Kecamatan Batu Putih menuju Bidukbiduk juga harus segera diperbaiki. Agar masyarakat tidak kesulitan membawa hasi pertaniannya.

“Pembukaan jalan baru, agar petani muda untuk membuka kebun,” katanya.

Waris juga meminta kepada DPUPR Berau, untuk mempercantik jalan di ibu kota kecamatan atau IKK.

Selain jalan, tahun 2024 ada beberapa bangunan pemerintah yang juga harus direhab.

Termasuk peningkatan layanan air bersih di kampung. Terutama di wilayah Tanjung Batu. Dan Pengembangan SPAM Tembudan ke Kampung Sumber Agung, dan Kayu Indah di Kecamatan Batu Putih.

“Apabila, kalau mencukupi bisa air bersihnya dilanjutkan ke Kampung Campur Sari Kecamatan Talisayan,” tuturnya.

Program inilah yang akan menjadi prioritas di tahun 2024 mendatang. Semoga, dengan besarnya anggaran yang dikelola DPUPR Berau memberikan dampak baik kepada pembangunan Kabupaten Berau.

“Harapannya dana besar itu dapat terserap untuk kebutuhan pembangunan dan pemerataan fasilitas di Kabupaten Berau,” pungkasnya. (/ADV)

Reporter: Hendra Irawan