Foto Instatram @taufik_rahmadi: Keindahan air terjun Tambalang.

SEGAH – Anda yang berkunjung ke Kabupaten Berau bisa menikmati kesegaran air terjun Tambalang di Kampung Tepian Buah.

Tempat wisata di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur memang tak ada habisnya untuk dikunjungi.

Kabupaten yang dikenal Bumi Batiwakkal itu menyuguhkan lokasi wisata yang dapat anda kunjungi jika berkunjung ke Kabupaten Berau.

Untuk menuju lokasi air terjun anda dapat menempuh perjalanan sekitar 2 jam dengan jarak tempuh 63 Km menuju Kampung Tepian Buah menggunakan mobil dari Tanjung Redeb.

Tidak sampai disitu, sesampai di kampung Tepian Buah, anda perlu menelusuri hutan untuk mencapai objek wisata andalan Kampung Tepian Buah tersebut.

Untuk menelusuri hutan, para wisatawan dapat berjalan kaki sekitar 30 menit atau dapat menggunakan perahu ketinting menuju lokasi.

Air terjun Tambalang menawarkan keunikan tersendiri yakni memiliki tiga tingkatan.

Setiap tingkatan memiliki ciri khas masing-masing, seperti yang dikatakan Kepala Kampung Tepian Buah Surya Emi.

“Tingkatan ketiga itu banyak ikannya yang dapat digunakan untuk relaksasi karena mematuk sel kulit mati pada kulit jika kita berenang disana,” katanya, mengutip Tribun Kaltim Travel.

Suasana Air Terjun Tambalang yang terletak di Kampung Tepian Buah, Kecamatan Segah, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. (TribunKaltim.Co/ikbal Nurkarim)

“Kemudian tingkatan kedua dan pertama batunya itu licin dan dapat dijadikan prosotan dan tak akan melukai kulit,” pungkasnya.

Bahkan, kepala Kampung Tepian Buah itu berenang dan berprosotan di batu air terjun tepian buah itu.

Rombongan Wakil Duta Besar Negara Jerman untuk Republik Indonesia Hendrik Barkeling juga pernah menghabiskan waktu libur di air terjun ini saat berkunjung ke Berau.

Sehingga rasa capek berjalan menyisir hutan akan hilang saat kita menyeburkan diri dan merasakan kesegaran air terjun Tambalang. (*/ADV)

Reporter: Sulaiman