Foto: Penyerahan pemenang lomba branding yang digarap Disbudpar Berau. 

TANJUNG REDEB- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) terus berupaya mewujudkan pariwisata sebagai salah satu sektor andalan daerah. Karena adanya potensi yang begitu besar, yang dapat dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Salah satu unsur yang tidak dapat dipisahkan dalam upaya pengembangan pariwisata adalah city branding dan tagline pariwisata. Melalui kegiatan malam penganugerahan lomba branding dan tagline pariwisata Berau tahun 2023 diharapkan bisa menjadi jawaban bagi Berau yang telah lama menunggu.

Wakil Bupati Berau, Gamalis menyampaikan, Kabupaten Berau selama ini belum memiliki branding ataupun tagline. Sehingga membuat banyak wisatawan dari luar daerah bertanya.

“Ketika mereka bertanya Berau itu apa, kita bingung mau jawab apa,” ucap Gamalis, Rabu(27/9/2023).

Disampaikannya, saat ini kita sudah bisa menjawab walaupun masih butuh perbaikan. Branding dan tagline itu diharapkan dapat menumbuhkan iklim investasi sehingga menjadi sarana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Berau.

“Yang masuk dalam tiga besar ini ada Beautiful Berau, Lovely Destination Berau, dan Berau Sunrise of Kalimantan. Dan yang menjadi juaranya tadi Lovely Destination Berau, tapi tadi ketika kita melihat lovely destinasion Berau itu pernah dipakai oleh salah satu daerah dijawa sehingganya mungkin akan kembali kita rapatkan coba kita mix dari tiga org ini,” tuturnya.

Namun, jangan sampai karena euforia kita tidak menyadari bahwa ternyata telah melakukan plagiarisme.

“Kita bisa dituntut oleh orang kalau kita plagiat,” katanya.

Dirinya berharap branding dan tagline ini dapat di launching secepatnya agar Kabupaten Berau memiliki tagline yang bisa di jual dan menajdu pengingat bagi wisatawan maupun tourism yang berkunjung ke Bumi Batiwakkal.

“Ini kn masih suasana HUT Berau, semoga Sebelum Maratua jazz dan expo tagline ini sudah bisa dilaunching sehingga ada yang bisa kita jual,” pungkasnya.

Reporter: Dini Diva Aprilia