Foto: Tim Dekranasda Berau kala mengikuti Sabah International Expo (SIE) 2023 di Kinabalu Malaysia

KINABALU – Upaya mengenalkan dan mempromosikan kerajinan dari para pelaku Industri Kerajinan di Kabupaten Berau terus dilakukan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Berau.

Setelah mengikuti Kriyanusa di Jakarta beberapa waktu lalu, kali ini Dekranasda Berau yang diketuai Hj Sri Aslinda Gamalis, SH membawa misi tersebut hingga event Internasional melalui Sabah International Expo (SIE) 2023 di Kinabalu Malaysia, yang diselenggarakan di Sabah International Convention Center, 21 hingga 24 September.

Ketua Dekranasda Kabupaten Berau yang kerap disapa Ibu Linda ini merasa sangat bersyukur diberi kesempatan untuk bisa berpartisipasi dalam Sabah International Expo ini. Karena dari total 20 negara yang berpartisipasi, Berau menjadi salah satu dari 8 Kabupaten/Kota yang terpilih untuk ikut mewakili dari Indonesia.

“Ini merupakan suatu kehormatan dan kesempatan besar bagi kami Dekranasda Berau untuk dapat ikut mengenalkan hasil-hasil kerajinan dan potensi wisata Kabupaten Berau kepada dunia. Terlihat, pada hari pembukaan hari ini (21/8/2023) begitu tinggi antusias pengunjung yang hadir terhadap Berau, mereka sangat tertarik dengan produk dan keindahan alam kita,” ungkapnya.

Di SIE ini, Dekranasda Berau membawa produk-produk unggulan Kabupaten Berau seperti kerajinan berbahan dasar limbah kayu ulin, manik-manik, batik berau, tenun berau dan beragam kerajinan lainnya yang sangat diminati. Terbukti, tidak sampai 1 jam setelah pembukaan, beragam produk sudah laris terjual.

Tidak hanya memamerkan produk kerajinan, pada SIE yang diikuti berbagai negara di dunia ini, Dekranasda Berau juga turut mempromosikan keindahan alam Bumi Batiwkkal. Destinasi pariwisata mulai pesisir, kepulauan, pedalaman dan wisata sejarah ditampilkan dan menggugah pengunjung untuk berwisata ke Kabupaten Berau.

“Kami berharap, kedepannya ada kolaborasi lebih antara Dekranasda Berau dan Dinas Pariwisata Kabupaten Berau untuk dapat bersama-sama mempromosikan potensi wisata kita. Karena banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung mengenai pariwisata kita, bagaimana cara aksesnya, apakah ada paket wisatanya dan lain-lain. Ini membuktikan bahwa sebenarnya pariwisata berau sangat diminati wisatawan dunia, hanya mereka ingin tahu lebih mengenai detailnya,” ungkap Linda.

Dalam gelaran Sabah International Expo, Stand Dekranasda Kabupaten Berau dikunjungi Mr. YB PHOONG JIN ZHE, Minister Of Industrial Depelovment and Enterpreneurship (MIDE), (Menteri Pembangunan Perindustrian dan Keusahawanan merangkap Adun Luyang) Malaysia.

Selain itu juga dikunjungi Mr. Rusmin Lawin Global Ambassador of Real Estate Indonesia in Promoting Indonesia and Asia (Duta Promosi Indonesia). Serta Datu Seri Panglima Haji Masidi Manjun Minister of Finance Sabah (Menteri Keuangan Sabah).

Ketua Dekranasda Berau, Sri Aslinda Gamalis, mengatakan pameran diluar negara ini, baru kali pertama diikuti Dekranasda Berau. Dirinya mengungkapkan rasa bangga dan terimakasih atas kolaborasi hebat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Berau beserta pihak swasta sehingga Dekranasda Berau dapat berpartisipasi dalam SIE ini.

Melalui ajang ini dikatakan Sri Aslinda juga merupakan bagian dari upaya Dekranasda Berau dalam mendukung komitmen Pemkab Berau, untuk terus mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan IKM Kabupaten Berau naik kelas. “Kita upayakan terus agar UMKM dan IKM dapat terus optimis dan naik kelas ,” pungkasnya. (RN/Prokopim/adv)