Foto: Bupati Sri Juniarsih saat menghadiri rapat paripurna hari jadi Berau di DPRD 

TANJUNG REDEB- Usai upacara hari jadi ke-70 tahun Kabupaten Berau dan ke-213 tahun Kota Tanjung Redeb, di lapangan GOR Pemuda, Tanjung Redeb, Jumat (15/9/2023) pagi. Siang harinya, Bupati Berau, Sri Juniarsih dan Wakil Bupatu Berau, Sri Juniarsig mengikuti rapat paripuran hari jadi di gedung DPRD Berau.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Berau, Madri Pani. Dalam kesempatan itu, Sri Juniarsih menyampaikan, beberapa kemajuan di masa pemerintahannya. Serta, sejumlah penghargaan yang telah diraih Kabupaten Berau sepanjang tahun ini. Baik ditingkat provinsi, maupun pusat.

Ia bersama Wakil Bupati Berau Gamalis, sejak awal dilantik pada 26 Februari 2021 yang lalu, memiliki pengentasan tanggungjawab menanggulangi dampak pandemi Covid-19.

Meski dihadapi berbagai kendala, dirinya mengaku mampu melaksanakan program kerja prioritas, meskipun masih belum maksimal.

“Salah satu program kerja prioritas itu, yakni pada bidang pembangunan kampung,” ungkapnya.

Saat ini kata Sri, dari 100 kampung yang ada di Kabupaten Berau, sebanyak 17 kampung sudah berstatus mandiri, 39 kampung berstatus maju, 43 kampung berstatus berkembang. Hanya, tersisa 1 kampung berstatus tertinggal, yang juga masih terus didorong percepatan pembangunannya.

Pemerintah Kabupaten Berau kata dia, juga berhasil
meraih penghargaan Anugerah Lencana Bakti Ekonomi Desa yang diserahkan secara langsung oleh Menteri Desa-PDTI Republik Indonesia pada 2 Februari 2023.

Pada tahun 2022, ekonomi Berau tumbuh positif sebesar 3,95 persen. Jika dilihat dari tingkat kemiskinan, lanjut Sri, juga mengalami penurunan, di mana pada tahun 2021 angka kemiskinan sebesar 5,88 persen, sedangkan pada tahun 2022 turun menjadi 5,65 persen.

Angka kemiskinan Kabupaten Berau menjadi terendah ke-4 di Provinsi Kalimantan Timur setelah Balikpapan, Bontang dan Samarinda. Sedangkan, dari sisi Indeks Pembangunan Manusia (1PM).

“Pada Tahun 2022, IPM Berau sebesar 75,74 di atas IPM nasional. Adapun IPM Kabupaten Berau, terus menunjukkan peningkatan tiap tahunnya,” jelasnya.

Selain itu, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Berau pada tahun 2022 berada di angka 5,02 persen, yang mana lebih rendah dari TPT Provinsi Kaltim.

Semua capaian prestasi dan keberhasilan yang telah diperoleh selama 931 hari ini, kata dia, merupakan hasil kerja keras dari seluruh komponen Pemerintah Kabupaten Berau bersama dengan masyarakat.

Ini terjadi berkat sinergi antara Forkopimda, DPRD, OPD, dan juga perangkat kecamatan, kelurahan hingga kampung.

“Mari sama-sama kita tumbuhkan semangat dan keria keras untuk mewujudkan kesejahteraan untuk masyarakat Kota Sanggam,” pungkasnya. (*adv)

Reporter: Hendra Irawan