Foto: Kepala DPMPTSP Berau Nanang Bakran

TANJUNG REDEB – Pasar Sanggam Aji Dilayas (SAD), Jalan H.A.R.M Ayoeb alias Kilometer 5, bakal disulap menjadi gedung Mal Pelayanan Publik alias MPP. Rencana tersebut tengah menjadi bahasan hangat di internal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Berau.

Saat ditemui awak media, Kepala DPMPTSP Berau Nanang Bakran, menyatakan bila saat ini dirinya tengah aktif mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) pimpinan tingkat II. Isu tersebut yang dirinya terus gaungkan saat hadir di pelatihan tersebut.

“Isu MPP ini kami munculkan memang. Karena salah satu inovasi daerah dalam memberikan pelayanan kepada publik,” ucap Nanang sapaan dia, Kamis (14/9/2023).

Dirinya menyebut, saat ini lantai atas pasar SAD masih kurang maksimal dimanfaatkan untuk aktivitas perdagangan. Sehingga banyak kios yang saat ini kosong penjual.

Sehingga untuk memaksimalkan itu, pihaknya telah membulatkan visi pembuatan MPP di gedung pasar yang telah beroperasi sejak 2009 itu. Kala itu, pasar SAD diresmikan langsung oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak Periode 2004/2009.

“Jadi lantai atas itu yang dimaksimalkan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, bila pembuatan MPP tak mesti dengan gedung baru. Sebab, gedung yang tersedia saat ini dapat dimanfaatkan untuk dijadikan MPP.

Berguru dari MPP di Padang, Sumatera Barat dan Bontang, Kalimantan Timur. Yang telah dari jauh hari memanfaatkan bangunan pasar sebagai lokasi pelayanan MPP. Saat ini, terobosan tersebut pun dinilai baik.

“Kita bisa mencontoh Padang dan Bontang. Mereka cukup berhasil membangun itu di lingkungan pasar,” ucapnya.

Disinggung ihwal dipilihnya pasar SAD, dia menyatakan ingin menambah ramai aktivitas ekonomi di pasar. Sebab, dari pasar banyak orang yang berbeda kepentingan. Namun dapat belanja di pasar. Sehingga memiliki efek domino terhadap perekonomian masyarakat di pasar.

“Harapannya bisa membantu menumbuhkan ekonomi masyarakat, makanya dipilih di pasar SAD,” ucap dia.

Bila rencana tersebut direstui pada 2024 mendatang, dia berkeinginan untuk mengaktifkan kembali pasar jajanan makan berat dan ringan di lantai 2 pasar SAD. Selain itu, bakal diaktifkan kembali sarana olahraga yang terletak di lantai 3 gedung pasar.

“Semoga terealisasi di tahun depan. Tapi kami belum tahu kebutuhan anggarannya berapa. Nanti kami rumuskan dulu,” ujar dia. (*/ADV)

Reporter: Sulaiman