Foto: Kampung Birang mendapat penghargaan dari wakil bupati Berau usai meraih juara II di tingkat provinsi.  

TANJUNG REDEB- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus memperkuat eksistensi Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB).

Penguatan Kampung KB dilakukan secara bertahap, dimulai dari seleksi tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Kabupaten Berau tahun 2023 mendapat Juara ll tingkat provinsi yang diwakilkan oleh Kampung Birang.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Diani membenarkan hal tersebut, dikatakannya Kampung Birang menjadi Juara satu dalam lomba Pengelolaan kampung berkualitas tingkat Kabupaten.

“Sebelum mewakili provinsi kita terlebih dahulu adakan lomba tingkat kabupaten,” jelasnya.

Dikatakan Diani, ada beberapa indikator yang menjadi penilaian, seperti adanya Surat Keterangan (SK), dan ketersediaan sarana dan prasarananya serta kegiatan yang ada di kampung KB itu sendiri.

Di samping itu, pihaknya juga memiliki program dalam permasalahan Stunting yang diberi nama Dapur Stunting. Program ini bekerjasama dengan persatuan ahli gizi sebagai sumber menu-menu sehat bagi

“Didalam kampung KB ini permasalahan Stunting juga menjadi yang utama, makanya perlu di perhatikan asupan gizi yang masuk ke tubuh mereka,” bebernya.

Diani juga menyampaikan saat ini Kabupaten Berau memiliki 60 Kampung KB yang tersebar dari 13 kecamatan, dan ditargetkan tahun ini permasalahan kampung KB akan di tuntaskan.

“Insyaallah tahun ini kita akan melaksanakan tuntas kampung KB di Kabupaten Berau, jadi semua kampung dan kelurahan akan menjadi Kampung Berkualitas,” tegasnya.(*/adv)

Reporter: Dini Diva Aprilia