Foto: Wakil Bupati Gamalis kala menghadiri aksi Bergizi mencegah stunting di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb. 

TANJUNG REDEB- Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau dan Puskesmas Tanjung Redeb menggelar Program Aksi Bergizi guna mencegah terjadinya penambahan kasus Stunting baru.

Program ini sendiri dilaksanakan dengan menggunakan tiga intervensi utama, yaitu sarapan dan minum tablet penambah darah, edukasi gizi, serta komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif.

Berlokasi di lapangan Pemuda Tanjung Redeb, Jumat (8/9/2023) kegiatan ini diikuti berbagai remaja putri mulai dari SMP hingga SMA, yang diawali dengan senam bersama.

Kepala Bidang Kesehatan, Dinas Kesehatan Berau , Suhartini menyebut, remaja putri di kabupaten Berau yang mengonsumsi tablet penambah darah masih sangat kurang.

“Berdasarkan hasil laporan Puskesmas yang ada di Berau pada 2021, remaja putri yang mengkonsumsi tablet tambah darah sebanyak 52 tablet selama 1 tahun masih 0 persen,” jelasnya.

Kemudian, pihaknya mencanangkan kembali tahun 2022 dan berhasil meningkatkan menjadi 6,6 persen. Program ini juga sejalan dengan peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021, salah satu cara pencegahan Stunting dengan pemberian tablet penambah darah kepada remaja putri.

Bukan hanya menyebabkan stunting, kurangnya mengkonsumsi tablet tambah darah juga diakui Suhartini, menjadi salah satu penyebab kematian ibu dan bayi saat melahirkan. Apalagi, Berau menjadi daerah penyumbang kasus tertinggi di Kaltim.

Hal ini bisa terjadi akibat dari kondisi Ibu dan bayi mengalami Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Salah satu penyebabnya dari ibu hamil yang anemia dan kekurangan energi kronis (KEK) akibat kekurangan darah.

“Makanya para remaja putri menjadi target utama kami karena mereka juga sedang dalam masa pertumbuhan,”bebernya.

Sehingganya, remaja putri harus lengkap mengonsumsi 52 tablet dalam setahun dan harus di konsumsi secara kontinyu, dianjurkan untuk remaja usia 11-18 tahun.

“Kami juga sudah punya kesepakatan dengan sekolah yang ada di Berau untuk rutin melaksanakan kegiatan ini setiap Jumat,”pungkasnya.(/adv)

Reporter: Dini Diva Aprilia