Foto: Wakil Bupati Gamalis kala panen padi di UPT Balai Benih Padi dan Holtikultur milik Distanak, yang ada di Sambaliung. 

SAMBALIUNG – Unit Pelaksana Teknis Balai Benih Padi dan Holtikultur Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Berau di Sambaliung, menggelar panen padi, pada Rabu (6/9/2023).

Panen dihadiri Wakil Bupati Berau, Gamalis bersama Anggota DPRD Berau dan jajaran Distanak serta perwakilan petani di Kecamatan Sambaliung.

Wabup Gamalis, mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi kepada jajaran Distanak, khususnya UPT Balai Benih Padi dan Hortikultura yang telah berhasil mengembangkan budidaya benih padi. Panen ini diyakini dapat memberikan hasil ekonomis yang signifikan bagi petani.

Untuk itu Gamalis terus mendorong Distanak secara intensif mendampingi para petani dengan memperbanyak demplot (demontration plot).

“Dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan,” ungkapnya.

Panen dan syukuran di UPT Sambaliung ini diharapkan Gamalis menjadi titik awal dukungan pengembangan dan peningkatan produksi.

“Suport kami, sembari mengembangkan dan meningkatkan produksi, akan kami bantu fasilitas yang akan dibutuhkan,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Distanak Berau, Junaidi, menyebutkan hasil panen benih ini tidak hanya untuk kebutuhan petani Berau, terapi juga akan disebarkan ke Kabupaten Bulungan, Malinau dan Tanah Tidung.

Dari delapan hektar lahan di Balai Benih pada panen kali ini tergarap dilahan seluas kurang lebih dua hektar.

“Kita harapkan tahun depan bisa dikembangkan lagi,” tandasnya. (RN/prokopim/adv)