Foto: Bupati Berau Sri Juniarsih melepas peserta pawai mobil hias.

TANJUNG REDEB – Bupati Berau Sri Juniarsih, mengangkat bendera start penanda dimulainya Pawai Mobil Hias, di Gerbang Masjid Agung Baitul Hikmah, Jalan APT Pranoto, pada Selasa (29/8/2023). Pawai itu diikuti 79 mobil hias, dari setiap OPD, instansi vertikal, BUMD, perbankan, hingga paguyuban dan sekolah.

Agenda itu merupakan puncak rangkaian peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan RI. Setelah sebelumnya, Pemkab Berau sukses melaksanakan lomba mini soccer, jalan santai dan gowes.

Dalam sambutannya, sebelum pawai dimulai, Sri memberikan apresiasi kepada para penyelenggara yang telah berhasil menyusun rangkaian acara dan memastikan kesiapan peserta yang ikut dalam pawai mobil hias tahun ini.

“Luar biasa kerja keras panitia penyelenggara dan peserta, mampu membuat pawai kendaraan hias hari ini berlangsung meriah,” katanya.

Secara teknis, pawai tahun ini memang diakui cukup berbeda. Sebab, pawai kendaraan tak lagi berbarengan dengan pawai kebudayaan dan pembangunan, khusus mobil hias saja. Alasannya, pemerintah menginginkan setiap segmen dapat berkesan kepada masyarakat.

Sehingga setiap segmen peserta pada tahun ini dibuat berbeda. Khusus untuk OPD yang tampil pada hari ini, diinginkan agar dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait progres pembangunan daerah.

“Makanya kami bagi-bagi segmennya tahun ini, agar memberikan kesan yang baik. Dan tidak lama juga menunggu para penonton yang mau melihat penampilan mobil hias seluruh peserta,” terang dia.

Ia menyampaikan pula, bila masyarakat Bumi Batiwakkal diminta agar bersiap-siap untuk menyambut dan memeriahkan HUT Tanjung Redeb dan Hari Jadi Kabupaten Berau, pada September mendatang.

Dia memastikan, bakal banyak acara hiburan rakyat yang dapat mempersatukan masyarakat di tengah kegembiraan menyambut HUT Kota Sanggam.

“Mari sambut kemeriahan HUT Berau September nanti dengan suka cita,” pintanya.

Bupati perempuan pertama di Bumi Batiwakkal itu juga berpesan, agar para petugas kebersihan alias pasukan kuning dapat memastikan jalan bersih setelah acara.

Terbukti, saat acara berakhir sekira pukul 11.00 Wita siang tadi, Jalan APT Pranoto langsung bersih dari sampah makanan dan minuman.

“Penonton juga bisa menjaga ketertiban dan kebersihan Berau ini,” ucapnya. (*/ADV)

Reporter: Sulaiman