Foto: Bupati berfoto bersama usai membuka giat turnamen futsal tingkat pelajar garapan kwarcab Berau. 

TANJUNG REDEB– Bupati Berau, Sri Juniarsih didampingi Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah secara resmi membuka turnamen Futsal Kwarcab Gerakan Pramuka Berau tingkat SD/MI, SMP/MTSN dan SMA/MAN Tahun 2023, di GOR Pemuda, Tanjung Redeb, Selasa (22/8/2023).

Turnamen tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-62 di Kabupaten Berau. Dalam turnamen itu, 105 tim turut berpartisipasi, terdiri dari 33 tim tingkat SD, 37 tingkat SMP, dan 35 tingkat SMA.

Ketua Kwarcab Berau, yang juga Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah mengatakan, turnamen futsal ini dilaksanakan untuk mencari bibit-bibit pemain berbakat di Kabupaten Berau, mulai tingkat SD, SMP hingga SMA.

“Harapannya, setelah turnamen ini muncul bibit atlet futsal yang berbakat di Kabupaten Berau,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, dengan munculnya bibit atlet yang berbakat, maka stakeholder terkait dengan mudah melakukan pembinaan dan pendampingan agar mereka menjadi atlet berprestasi.

“Kami berharap bibit atlet yang ada dapat dibina agar ada regenerasi atlet lokal. Sehingga kedepan Berau tidak kesulitan dalam mencari atlet, khususnya futsal,”

Sementara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih, yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Berau, menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Dirinya juga mengapresiasi kepada seluruh sekolah yang telah turut berpartisipasi.

“Kegiatan ini sangat baik. Dan saya kira harus bisa dioptimalkan supaya regenerasi atlet futsal terus berjalan, yang mampu bersaing tidak hanya ditingkat daerah maupun nasional,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Sri juga menyampaikan, kedepan atlet yang diturunkan di berbagai event daerah maupun nasional harus berasal dari Kabupaten Berau.

Sehingganya mulai sekarang, dirinya meminta kepada seluruh pihak untuk bersama-sama menembangkan olahraga di Kabupaten Berau. Terutama pembinaan generasi muda.

“Artinya, ini menjadi suatu tantangan bagi kita, menemukan dan mengasah talenta muda berbakat yang siap berlaga mewakili daerah di berbagai ajang,” terangnya.

Untuk merealisasikannya, Sri juga mendorong Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), KONI Berau selaku induk okahraga di Kabupaten Berau dapat bersinergi lebih baik lagi dalam memajukan olahraga di Bumi Batiwakkal.

Dirinya juga tidak ingin, diantara KONI dan Dispora terdapat miss komunikasi yang membuat tidak maksimalnya pembinaan atlet dan olahraga. Apalagi, Berau sudah menorehkan prestasi di Porprov Kaltim 2022 lalu.

“Cabor harus dilakukan pendampingan dan pembinaan. Saya juga akan menguji keseriusan KONI serta Dispora sebagai OPD terkait dalam mencetak atlet Berau berprestasi,” jelasnya.

Dirinya sangat optimistis dengan seluruh potensi yang ada, dan sinergitas yang baik antara KONI dan Dispora, kekuatan Berau di bidang olahraga dapat diwujudkan. Dan, menjadikan Berau sebagai daerah yang diperhitungkan.

“Ini yang saya harapkan dapat terwujud,” pungkasnya. (/adv).

Reorter: Hendra Irawan