Foto: PT Pama Persada Site Binungan Suaran sat melaksanakan pelatihan kader Posyandu di Kampung Tumbit Dayak dan Kampung Long Lanuk beberapa waktu lalu. 

TANJUNG REDEB,- Mendukung peningkatan keahlian para tenaga kesehatan di wilayah Kampung Tumbit Dayak dan Long Lanuk, Kecamatan Sambaliung, PT PAMA Persada, bekerjasama dengan Puskesmas Sambaliung menyelenggarakan pelatihan bagi kader posyandu di Kampung Tumbit Dayak dan Kampung Long Lanuk.

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 30 orang kader posyandu dari Kampung Tumbit Dayak dan 20 orang kader posyandu dari Kampung Long Lanuk.

Dikatakan Corporate Social Responsibility PT PAMA Fransisco, tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan para kader posyandu dalam mencegah stunting.

“Stunting merupakan masalah serius yang terjadi di daerah ini, sehingga kegiatan ini menjadi sangat penting untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi para kader posyandu,”bebernya.

Senada dengan Fransisco, Dinda selaku SHE Officer PT PAMA  untuk Kampung Long Lanuk menyebutkan, jika pentingnya pencegahan stunting sejak dini bagi anak-anak di dua wilayah ini.

Namum pencegahan itu, tentu tidak bisa dilakukan sendiri dan perlu  peran kader posyandu dalam upaya penanggulangan masalah ini.

“Tumbit Dayak dan Long Lanuk, sebagai dua kampung yang terletak di Kecamatan Sambaliung, merupakan dua daerah yang sangat membutuhkan perhatian lebih dalam hal kesehatan masyarakat, terutama dalam penanganan stunting,”ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Dinda, kerjasama antara PT PAMA Persada dan Puskesmas Sambaliung dalam menyelenggarakan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi penanggulangan stunting di daerah ini.

Pelatihan ini diselenggarakan secara intensif dan interaktif, dengan pendekatan praktis yang memberikan para kader posyandu kesempatan untuk mempraktekkan langsung keterampilan yang mereka peroleh selama pelatihan.

“Para kader posyandu pun sangat antusias dalam mengikuti acara ini, karena mereka menyadari bahwa peran mereka sangat penting dalam memberikan pemahaman dan pencegahan stunting kepada masyarakat di kampung mereka,”jelas Dinda.

Diharapkan, melalui pelatihan ini, kader posyandu di Kampung Tumbit Dayak dan Long Lanuk dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam upaya pencegahan stunting.

Pihaknya berharap bahwa kader-kader posyandu ini dapat menjadi agen perubahan yang aktif dan efektif dalam memberikan informasi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah ini, serta memberikan kontribusi yang signifikan dalam penanggulangan stunting yang merupakan masalah serius di kawasan ini.(*/tim)