Foto: Kegiatan job fair yang dilaksanakan Disnakertrans Berau maret 2023 kemarin. 

TANJUNG REDEB- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau, kembali menggelar job fair untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam mencari pekerjaan.

Plt Kepala Disnakertrans Berau, Muhammad Said mengatakan, Jobfair tersebut diadakan mulai 5-6 Agustus 2023 ini. Dan melibatkan 17 perusahaan, termasuk 1 peserta dari BPJS Ketenagakerjaan. Adapun sektor swasta yang mengikuti jobfair dari berbagai bidang.

Berdasarkn data yang dihimpun, ada 9 perusahaan yang bergerak di sektor tambang, 2 perusahaan di sektor perkebunan kelapa sawit, 1 perusahaan di sektor perbankan.

Kemudian, ada juga 3 perusahaan di sektor pemasaran, 1 perusahaan di sektor otomotif, dan 1 perusahaan di sektor pariwisata. Job Fair sebelumnya, kata Said, telah menunjukkan dominasi pencari kerja pada sektor pertambangan.

“Agenda job fair ini, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Berau dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk terserap di dunia kerja,” jelasnya.

Dengan adanya job fair tersebut, masyarakat dapat menemukan pekerjaan sesuai dengan minat, bakat, dan bidangnya. Selain itu, job fair juga diharapkan dapat mengubah mindset pencari kerja, agar dapat mengikuti dunia kerja yang semakin modern.

Job fair ini diadakan sebagai upaya pemerintah dalam memfasilitasi kesempatan kerja bagi masyarakat Berau. Terutama dengan melibatkan perusahaan-perusahaan terkemuka.

“Melalui jobfair ini, dapat memberikan banyak peluang kerja bagi pencari kerja. Khususnya generasi muda,” katanya

Mantan Kepala BKPP Berau ini juga mengatakan, masyarakat Berau yang tertarik mengikuti job fair, dapat membawa sejumlah persyaratan. Seperti CV, fotokopi KTP, dan ijazah terakhir.

“Job fair akan berlangsung di gedung Disnakertrans Berau, mulai pukul 08.00 – 16.00 Wita,” terangnya.

Lebih Lanjut kata Said, Pemkab Berau berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi sumber daya manusia yang dimilikinya. Dengan adanya job fair itu, diharapkan dapat menumbuhkan semangat pencari kerja dalam mengembangkan kualitas diri.

“Serta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Berau,” pungkasnya. (/ADV).

Reporter: Hendra Irawan