Foto: Bupati ketika menghadiri peringatan hari anak Nasional 2023 yang di pusatkan di Gedung Graha Pemuda. 

TANJUNG REDEB – Kabupaten Berau naik kelas sebagai Kabupaten Layak Anak, kategori madya. Prestasi itu sebagai kado untuk anak di Berau dalam perayaan puncak Hari Anak Nasional yang digelar di Gedung Graha Pemuda, Jalan Pemuda, pada Senin (31/7/2023).

Dalam sesi sambutan, Bupati Berau Sri Juniarsih, menyatakan prestasi itu merupakan bentuk kerja keras antar beberapa pihak. Terkhusus bagi tim gugus tugas Kabupaten Layak Anak Berau, OPD terkait, hingga insan media di Bumi Batiwakkal.

Menurut dia, seluruh stakeholdere memiliki peran dalam menciptakan ruang aman dan nyaman bagi anak. Mulai dari pemberian perlindungan, pemberian identitas, pengasuh layak anak, layanan kesehatan dan bantuan sosial yang masif diberikan kepada anak di Berau.

Dengan tercapai hal tersebut, menjadikan Berau telah mencapai kredit pertama sebagai daerah yang mewujudkan program nasional. Yakni Indonesia Layak Anak (Idola) 2030.

“Bahkan anak berkebutuhan khusus, mendapat pelayanan yang sama di Berau ini,” kata Sri.

Lebih lanjut, dia berpesan agar prestasi yang saat ini diraih mesti dijaga. Setiap pihak memiliki kewajiban dalam menciptakan ruang aman bagi anak. Termasuk pencegahan kekerasan terhadap anak.

Dengan begitu, investasi di masa yang akan datang. Berau memiliki anak yang bermental baik untuk pembangunan daerah. Tentunya dengan pendidikan dan pengetahuan yang sudah digali sejak dini.

“Karena masa depan Berau ini ada di tangan mereka,” sebut dia.

Selanjutnya, pada tahun ini Pemkab Berau tengah gencar pelaksanaan perancangan gerakan ‘ayo ikut ke Bina Keluarga Berencana (BKB) dan Posyandu. Program itu masuk dalam upaya pemerintah dalam menekan angka stunting di Bumi Batiwakkal.

“Mohon ibu-ibu aktif bawa anaknya ke Posyandu, sebagai langkah pendampingan gizi anak,” ujar dia.

Sebagai informasi, acara tersebut dihadiri beberapa pejabat teras dari OPD di Berau. Serta ditemani oleh beberapa pejabat instansi vertikal, seperti Polres Berau, Kejari Berau, Rutan Kelas IIB Berau, dan DKD Berau. Acara itu pun diselingi dengan kegiatan jalan santai, sekaligus pemberian makan sehat kepada anak. (*/ADV)

Reporter: Sulaiman