Foto: Ruas jalan menuju Segah yang segera mendapat perbaikan dari pemerintah Berau. 

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau menganggarkan Rp 15,9 miliar untuk perbaikan jalan Kampung Harapan Jaya menuju Kampung Tepiah Buah, di Kecamatan Segah.

Kepala Bidang Presevasi Jalan dan Jembatan DPUPR Berau, Junaidi menjelaskan, kegiatan perbaikan jalan tersebut yakni pengaspalan jalan selebar 6 Meter, dengan panjang mencapai 375 Meter. Adapun lokasinya di depan Kantor Kepala Kampung Harapan Jaya.

“Itu juga akan dilaksanakan rigid atau pengerasan dengan lebar 6 meter,” katanya.

Untuk Rigid atau pengerasan jalan kata Junaidi, akan difokuskan pada lokasi persawahan dengan pertimbangan daya dukung badan jalan, serta melihat beban jalan sehari-hari.

“Untuk rigid dilakukan sepanjang lebih dari 1Km. Karena dilokasi persawahan kita perhitungkan muatan berat yang lewat,” terangnya.

Selain perbaikan jalan, ada juga pekerjaan pemasangan Box Culvert atau Gorong-gorong dengan tipe ganda, untuk mendukung daya alir air saat musim penghujan. Boc Culvert ini bertujuan untuk mencegah terjadinya genangan, ketika hujan turun.

“Sehingga jalan yang kita bangun dapat bertahan lama,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan perbaikan jalan dan pembangunan gorong-gorong dapat menjaga dan memperpanjang usia jalan. Dengan begitu, aktivitas masyarakat dapat lebih lancar dan nyaman.

“Kami terus berupaya meningkatkan kualitas jalan agar aktivitas masyarakat dapat berjalan lancar dan nyaman,” pungkasnya.(*)

Reporter: Hendra Irawan