TANJUNG REDEB– PT PAMA Persada Nusantara kembali menggelar “Wisata Belanja” di pasar Sanggam Adji Dilayas (SAD) untuk anak yatim dan kaum dhuafa di sekitar lingkar tambang distrik BRCB.

Program ini sengaja diselenggarakan, untuk memberikan kegembiraan bagi mereka yang kurang mampu. Terutama ketika menjelang lebaran Idulfitri.

Agenda wisata belanja ini merupakn agenda rutin yang dilakukan PAMA ketika Ramadan. Adapun sasarannya, sebanyak 217 anak yang berada di kampung Tumbit Melayu, Tumbit Dayak, Labanan, Gurimbang, hingga Kampung Long Lanuk.

Human Capital Department Head Safril Rizky Waluyo mengatakan, Wisata Belanja tersebut merupakan program PAMA BRCB & DKM As Salam yang digelar tiap tahun.

Dari setiap kampung sasaran, pihaknya menerima data anak yang akan masuk dalam program wisata belanja, untuk dibawa langsuht ke Pasar Sanggam Adji Dilayas untuk membeli keperluan lebaran.

“Terutama baju dan sepatu atau peralatan sekolahnya,” terangnya.

Sebelum masuk ke dalam pasar kering, ratusan anak tersebut dibagi beberapa rombongan berdasarkan kampung asalnya. Mereka juga didampingi guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

Saat masuk ke dalam pasar, para peserta wisata belanja tak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Dengan semangat, mereka melihat dan mencoba beberapa barang yang akan dibeli. Mulai sepatu, baju muslim, sepatu, hingga perlengkapannya sekolah.

“Satu anak kami berikan Rp 400 ribu untuk mereka gunakan,” paparnya.

Adapun tujuan digelarnya wisata belanja itu, tak lain untuk memberikan rasa kegembiraan kepada anak yatim piatu dan tidak mampu jelang lebaran.

“Supaya mereka juga dapat merasakan kegembiraan punya baju baru, sepatu baru, atau perlengkapan sekolah baru,” katanya.

“Harapannya, mereka juga bisa mendoakan PT PAMA agar setiap operasinya berkalan lancar, sukses, dan diberi keselamatan ketika bekerja,” tambahnya.

Safril Rizki Waluyo juga menyebut, untuk peserta wisata belanja tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Diketahui, tahun 2023 lalu, pesertanya hanya berkisar 35 anak saja, tahun ini mencapai 217 anak.

“Kami selalu berupaya, menggelar program wisata belanja bagi anak yang tidak mampu setiap tahunnya. Harapannya jumlah pesertanya dapat bertambah di tahun mendatang,” terangnya.

Sementara itu, pendamping anak-anak dari Kampung Labanan Makmur, Susi, turut mengucapkan banyak terimakasih kepada PT PAMA Persada Nusantara Distrik BRCB.

Dirinya berharap, program wisata belanja terus dilakukan setiap tahun, sehingga memberikan lebih banyak keceriaan bagi anak-anak yang kurang mampu.

“Program membantu sekali. Terutama anak-anak yang tidak mampu. Sukses selalu untuk PAMA, agar program ini dapat digelar lagi tahun depan,” pungkasnya. (/ADV)

Reporter: Hendra Irawan